Gelar Rembug Desa, Ganjar Tinjau Vaksinasi di Cilacap

CILACAP – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Tenis Indoor, Jalan dr. Sutomo Kelurahan Sidanegara, Cilacap Tengah, Kamis (22/7/2021). Tinjauan ini dilaksanakan disela kunjungan kerjanya dalam program Rembug Desa di Kabupaten Cilacap.

Dijelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya melakukan percepatan vaksinasi. Salah satunya dengan menyiapkan desain rencana percepatan agar naik 300 persen. Saat ini capaian vaksinasi baru seperlima dari target. Oleh karena itu, Pemprov Jateng mengajukan tambahan 2,4 juta dosis vaksin per minggu kepada pemerintah pusat.

“Akhir tahun kita targetkan pencapaian herd immunity 70 persen. Kalau kita bisa dapat 2 juta dosis vaksin per minggu, insya Allah bisa tercapai”, kata Ganjar di sela tinjauan.

Dalam tinjauan ini, Ganjar didampingi Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, bersama Forkopimcam setempat. Secara simbolis, diserahkan pula peralatan Oxygen Concentrator dari Pertamina kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.

Terkait vaksinasi, sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan, dari target semula 1,1 juta jiwa, Kabupaten Cilacap mendapatkan tambahan kuota, sehingga target total kini menjadi 1,5 juta jiwa.

Untuk mendorong percepatan serta memberikan kemudahan akses layanan vaksinasi bagi masyarakat umum, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap tengah mengembangkan aplikasi pendaftaran online. Di Kabupaten Cilacap sendiri, baru sekitar 230 ribu atau sekitar 10 persen masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Adapun program Rembug Desa yang menjadi agenda utama kunjungan Gubernur, merupakan inisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengurai berbagai permasalahan yang muncul di tengah Pandemi Covid-19. Rembug Desa merupakan penguatan dari program yang telah dilaksanakan sebelumnya, yakni Jogo Tonggo.

Roadshow yang sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa kabupaten, kali ini digelar di Pendopo Kabupaten Cilacap diikuti 284 lurah/kades se-Kabupaten Cilacap secara virtual. Masyarakat juga dapat mengikuti acara ini melalui akun YouTube Ganjar Pranowo pada link https://t.co/e07tSlqRkO?amp=1. (dn/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: