Diskominfo Cilacap Gelar Forum Perangkat Daerah Renja 2022

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap mengelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Penyusunan Rancangan Awal rencana Kerja (Renja) Tahun 2022, Selasa (9/2/2021).

Kegiatan yang dibuka Kepala Diskominfo Cilacap, Drs. M. Wijaya, MM ini dihadiri para pejabat struktural. Mengingat kegiatan ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19, beberapa perwakilan OPD dan stakeholder terkait mengikuti kegiatan ini secara virtual.

Wijaya menjelaskan, Diskominfo Cilacap bertugas mengimplementasikan visi misi Bupati Cilacap sebagai penjabaran atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022. Salah satunya yakni program digitalisasi Kabupaten Cilacap melalui penerapan Smart City.

“Beberapa kegiatan yang kita laksanakan yakni pengembangan dan integrasi aplikasi informatika, informasi dan komunikasi publik, serta penyelenggaraan statistik sektoral”, kata Wijaya.

Wijaya mengakui ada beberapa tantangan dalam merealisasikan Renja 2022. Yakni perubahan peraturan perundangan di bidang komunikasi dan informatika. Khususnya dalam perencanaan keuangan daerah. Serta kapasitas SDM dan sarana prasarana pendukung yang belum memadai dalam pelaksanaan tugas dan wewenang.

Selain itu terdapat potensi urusan komunikasi dan informatika, statistik dan persandian yang belum dikelola dan dikembangkan secara maksimal. “Kita (Diskominfo) masih tipe C, padahal dengan tugas pokok dan fungsi yang begitu besar semestinya ditingkatkan menjadi tipe B”, tambahnya.

Secara rinci indikator kinerja tiap program dijabarkan sebagai berikut. Untuk pengembangan dan integrasi aplikasi informatika, sasaran kegiatannya yakni integrasi dan Pengembangan Aplikasi pemerintah daerah, Smart City dan penyedian infrastruktur Teknologi Informasi dan Akses Internet.

Sedangkan program informasi dan komunikasi publik dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan media massa baik cetak, elektronik dan online. Adapun program penyelenggaraan statistik sektoral  yakni menyediakan data statistik daerah untuk perencanaan pembangunan, melalui penyusunan buku statistik sektoral.

Kegiatan lainnya yakni penunjang urusan pemerintah daerah, serta penyelenggaraan persandian untuk keamanan informasi melalui peningkatkan kapasitas SDM sandi.(dn/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: