KORPRI dan BAZNAS Cilacap Rehab 70 Unit RTLH

CILACAP – Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cilacap mengadakan program bedah RTLH. Kegiatan yang ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke – 49 KORPRI, HUT ke – 75 PGRI, Hari Guru, dan Hari Kesehatan Nasional ke 56 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020.

Bantuan KORPRI dan BAZNAS Kabupaten Cilacap

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST.,MM di tiga titik. Yakni kediaman pegawai honorer Diskominfo Cilacap, Widi Wibowo di Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara, kediaman honorer Guru SD UPT P dan K Jeruklegi di Desa Jeruklegi Wetan, dan honorer Puskesmas 2 Kesugihan di Desa Karangkandri.

Turut serta dalam acara tersebut, Kepala Diskominfo Cilacap yang merupakan Ketua Umum Peringatan HUT ke – 49 KORPRI, HUT ke – 75 PGRI, Hari Guru, dan Hari Kesehatan Nasional ke 56 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020, Drs. M. Wijaya, MM, Kepala Dinas Perhubungan Cilacap, Tulus Wibowo, SH.,S.Pd.,M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Taryo S.Sos.,M.Si, Ketua BAZNAS Cilacap, Muchsin, serta Camat dan lurah/kepala desa setempat.

Dalam sambutannya, Sekda yang merupakan Ketua KORPRI Kabupaten Cilacap menjelaskan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian anggota KORPRI untuk membantu sesama. Disebutkan, tahun ini jumlah zakat, infak, dan sodakoh (ZIS) dari anggota KORPRI Kabupaten Cilacap cukup besar. Hal ini memungkinkan KORPRI bersama BAZNAS meningkatkan kegiatan sosial.

“Awal saya menjadi Sekda, jumlah ZIS hanya sekitar Rp 900 juta. Sangat kecil dibandingkan potensi yang bisa digali sesuai jumlah ASN kita. Tahun ini alhamdulillah jumlahnya hampir mencapai Rp 11 milyar”, kata Sekda saat memberikan sambutan di Kelurahan Tritih Kulon.

Kiprah BAZNAS Kabupaten Cilacap sebagai mitra Pemkab Cilacap dalam kegiatan sosial, menurut Sekda juga cukup besar. Untuk membantu korban bencana banjir misalnya, Sekda menyebutkan, BAZNAS Kabupaten Cilacap memberikan sumbangan berupa 500 paket sembako. Demikian juga dalam penanganan Covid-19, bantuan yang disalurkan BAZNAS Cilacap mencapai Rp 800 juta.

Tahun ini, alokasi kegiatan bedah RTLH sebanyak 70 unit. Yakni 24 unit untuk anggota KORPRI Kecamatan, 3 unit untuk sipil TNI AD, AL, dan Polri, 31 unit untuk KORPRI OPD, dan 12 unit untuk KORPRI Sekretariat Daerah. Masing masing penerima menerima bantuan senilai Rp 10 juta untuk peningkatan kualitasn atap, lantai, dan dinding.

“Tahun lalu kita mendapat alokasi 50 unit untuk perbaikan RTLH. Karena sekarang akumulasi ZIS-nya cukup besar, sehingga jumlahnya ditambah lagi”, terangnya.

Pada kesempatan ini Sekda juga mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yakni menghindari kerumunan, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta mengenakan masker saat beraktivitas. Pesan ini disampaikan mengingat ledakan konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Cilacap, terutama wilayah eks Kotip cukup besar.(dn/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: