Terbaik Siaga Covid-19, RS Pertamina Cilacap Raih PERSI Golden Award Paramakarya Dharmartha Husada 2020

CILACAP – Rumah Sakit Pertamina Cilacap (RSPC) berhasil meraih penghargaan pada ajang PERSI Golden Award Paramakarya Dharmartha Husada 2020 sebagai Rumah Sakit dengan Kesiapsiagaan Terbaik dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 untuk kategori RS BUMN.

Penghargaan diberikan dalam acara penganugerahan PERSI Golden Award pada Penutupan Seminar Persi XXVI yang diadakan Minggu (1/11) lalu. Secara daring, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D. Sp.THT-KL(K), MARS secara simbolis menyerahkan sertifikat kepada Direktur RS Pertamina Cilacap dr. Sapto Harry Kriswanto, MARS.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) memberikan penghargaan kepada RS Pertamina Cilacap karena dianggap baik dalam menjalankan tugasnya selama pandemi Covid-19. Penilaian didasarkan atas 12 indikator mulai dari kinerja keuangan hingga layanan.

Sebagai salah satu unit rumah sakit Pertamedika IHC Group, RS Pertamina Cilacap dinilai telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang ada dalam pendoman pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Proses penilaian yang diawali pendaftaran dilakukan secara komprehensif dan memakan waktu satu minggu. RS Pertamina Cilacap telah melakukan persiapan dengan membentuk Tim Kesiapsiagaan Covid-19 yang merumuskan alur pasien, screening pasien, keselamatan pasien serta persiapan APD.

RS Pertamina Cilacap telah membuat Kebijakan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di RS baik untuk pengunjung, pasien, maupun pekerja RS. Protokol kesehatan tersebut antara lain Wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan selalu jaga jarak aman seperti pembatasan 4 orang dalam 1 lift, pemberian sekat di pendaftaran, dan pengaturan tempat duduk sesuai dengan jarak aman.

Selain itu juga dilakukan screening di pintu masuk lewat pengecekan suhu tubuh untuk setiap orang. Kebijakan ini tidak hanya tersusun dengan rapih, namun juga telah terlaksana dengan baik di lingkungan RS.

RS Pertamina Cilacap juga menyiapkan Sarana dan Prasarana dalam menghadapi pandemi seperti meyediakan Ruang Perawatan khusus Covid-19 dengan prosentase sebanyak 70% dari total Bed RS. Fasilitas khusus penangan Covid-19 tersebut terdiri dari Ruang Isolasi dan ICU bertekanan negatif, Ruang Bersalin, dan Ruang Operasi khusus Covid-19. Selain Ruang Perawatan RS Pertamina Cilacap juga memiliki Laboratorium PCR sendiri yang dengan cepat mampu mendeteksi Covid-19.

RS Pertamina Cilacap juga telah mempersiapkan SDM yang siap merawat pasien Covid-19 baik secara skill maupun secara mental lewat pelatihan-pelatihan khusus seperti pengoperasian ventilator, pengambilan sampel swab, dan pengoperasian Laboratorium PCR. Para tenaga medis yang akan bertugas di ruang perawatan Covid-19 juga diberikan dukungan psikososial dan motivasi oleh Psikolog.

dr. Sapto Harry Kriswanto, MARS mengatakan bahwa RS Pertamina Cilacap turut mengambil peran dalam penanganan Covid-19 di wilayah Cilacap dan sekitarnya dengan terus memberikan edukasi 3M kepada masyarkat. Keberhasilan RS Pertamina Cilacap dalam meraih Paramakarya Darmartha Husada tidak lepas dari peran berbagai pihak, selain masyarakat kami juga mendapat dukungan penuh dari Bupati Cilacap, GM Pertamina RU IV beserta jajarannya, dan tentunya Pertamedika IHC selaku Holding RS BUMN. “

Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini, semoga RS Pertamina Cilacap dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Namun perlu ditekankan lagi bahwa perjuangan kita belum selesai. Seluruh elemen masyarakat harus bersatu, bersama-sama melawan Covid-19”, jelasnya.(*)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: