Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 Desa Karangjengkol Kesugihan Ditutup

CILACAP – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan resmi ditutup. Penutupan ditandai penandatanganan dan penyerahan Berita Acara hasil TMMD dari Satgas TMMD kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, di Balai Desa Karangjengkol, Rabu (21/10).

Dalam acara tersebut Komandan Kodim 0703/Cilacap diwakili Kasdim, Mayor Inf. Abdul Aziz Lallo. Hadir pula perwakilan Forkopimda, pejabat Setda Cilacap, sejumlah kepala OPD, Camat dan Forkopimcam Kesugihan, serta perwakilan pemerintah Desa se-Kecamatan Kesugihan.

Dandim 0703/Cilacap melalui sambutan yang dibacakan Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Abdul Aziz Lallo menjelaskan, TMMD merupakan bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat. Melalui kegiatan inilah TNI berupaya mengambil peran dalam pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Kegiatan TMMD terbagi dalam dua kategori, yakni fisik dan non fisik. Pelaksanaan kegiatan fisik yakni  pembangunan jalan makadam dengan volume 700 X 3 m, pembangunan bronjong batu 66 m, dan pembangunan MCK 2 unit. Sedangkan kegiatan pendukung yakni pemugaran 33 RTLH unit. Dengan rincian 25 unit dari  APBD Kabupaten Cilacap, 3 unit dari APBD Provinsi Jateng, 5 unit dari BAZNAS.

Untuk kegiatan non fisik tak banyak yang dilakukan karena pandemi Covid-19. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni Edukasi Protokol Kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, pelayanan KB oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Cilacap, dan pengobatan ternak oleh Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, semangat gotong royong yang tercermin dalam kegiatan TMMD tetap dipertahankan. Sebab semangat inilah yang menjadi ciri khas dan warisan luhur Bangsa Indonesia. Agar tak semakin memudar, semangat gotong royong harus senantiasa diaplikasikan dalam kegiatan sehari hari.(dn/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: