23 Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Jalani Sidang Tipiring

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 kembali menggelar operasi yustisi penegakan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit.

Kegiatan yang digelar di Pasar Kawunganten ini dihadiri Forkopimda, Sekretaris Daerah, serta sejumlah kepala OPD jajaran Pemkab Cilacap. Hasilnya, petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Cilacap, berhasil menjaring 23 pelanggar protokol kesehatan.

Mereka kedapatan tidak mengenakan masker saat melintas di kawasan tersebut, sehingga harus menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring). Dalam sidang yang digelar di aula Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kawunganten ini, para pelanggar didenda Rp 25.000 dan mengganti biaya perkara Rp 1.000.

Putusan ini lebih ringan dibanding sanksi yang diatur dalam perda, yakni Rp 50.000 dan/atau kurungan selama 3 bulan. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus menegakkan Perda Nomor 5 Tahun 2020 tersebut, mengingat perkembangan Covid-19 cukup mengkhawatirkan.

“Ini (perda) dibuat bersama. Semua diperlakukan sama. Sehingga siapapun yang melanggar harus ditindak. Ini penting untuk mengurangi persebaran Covid-19”, tegas Bupati.

Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya mendukung pernyartaan tersebut. Pihaknya siap mendukung Pemkab Cilacap untuk melaksanakan operasi serupa di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 dapat terbangun.(dn/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: