Aplikasi EDABU KP Desa, Mudahkan Pelayanan JKN-KIS

CILACAP – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Purwokerto telah melakukan Perjanjian Kerjasama Dengan Pemerintah daerah Kabupaten Cilacap, terkait Jaminan Kesehatan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa di Wilayah Kabupaten Cilacap melalui mekanisme Pekerja Penerima Upah.

Demikian diungkapkan Plt Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Cilacap Ni Ketut Sri Budiani pada acara Penyerahan Kartu JKN-KIS untuk Perangakat Desa,di gedung Jalabumi Pemkab Cilacap Kamis ( 11/06).

“Kerja sama ini adalah wujud keselarasan antara BPJS Kantor Kabupaten Cilacap dengan Pemerintah Daerah dalam menjalankan salah satu program strategis Pemerintah Pusat yaitu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat ( JKN-KIS),” kata Ni Ketut Sri Budiani.

Ni Ketut Sri Budiani menambahkan, BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Cilacap juga telah membagikan Kartu JKN-KIS kepada Perangkat Desa Kabupaten Cilacap, yang kemudian ditindak lanjuti dengan sosialisasi penerapan aplikasi EDABU KP Desa untuk Pemerintah Desa.

Kartu JKN-KIS Perangkat Desa sebanyak 3.503 Kartu dibagikan melalui perwakilan masing masing Desa, yang kemudian dilakukan tindak lanjut sosialisasi penerapan Aplikasi EDABU KP Desa bersama sama dinas  Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap.

EDABU KP Desa merupakan salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mempermudah pelayanan bagi peserta JKN-KIS, EDABU atau Elektronik Data Badan Usaha merupakan sebuah aplikasi yang berbasis Web, yang dapat digunakan oleh masing masing pemerintah Desa untuk melakukan pemutakhiran data perangkat desa seperti pendaftaran perangkat desa baru, mutasi pensiun, serta pengelolaan kepesertaan lainnya.

Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Adi Prabowo SH, pada kesempatan yang sama menyambut baik aplikasi EDABU KP Desa, karena membuat pemerintah Desa semakin dimudahkan dalam menguru BPJS Kesehatan para perangkatnya.

EDABU ini sepertinya akan cukup membantu perangkat desa ditengah masa menuju era  new normal,  karena secara tidak langsung membantu mereka untuk mengurangi aktivitas di luar sehingga dapat menurunkan resiko terpapar Covid-19.

EDABU memang menjadi sangat membantu karena dengan aplikasi ini Pemerintah Desa tinggal menyediakan seperangkat komputer yang terkoneksi internet, dan kemudian dapat mengakses pelayanan secara online dalam mengelola kepesertaanya di BPJS Kesehatan.(Rin kominfo/Bpjs).

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: