Tatanan Normal Baru Segera Diterapkan di Cilacap

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap akan menerapkan tatanan normal baru di tengah pandemi Covid-19. Sebab sesuai persyaratan WHO maupun Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), sebagian persyaratan penerapan tatanan normal baru sudah terpenuhi.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat memimpin Rakor Evaluasi Percepatan Penanganan Covid-19 di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Rabu (3/6) menjelaskan, tatanan normal baru akan diterapkan di berbagai sektor, mulai dari tempat peribadatan, pendidikan, perbelanjaan, tempat usaha, pelayanan umum pemerintah, maupun kesehatan.

Hal ini diterapkan dengan pertimbangan agar perputaran ekonomi di Kabupaten Cilacap tetap berjalan. Demikian pula tempat ibadah. Namun Bupati tidak menghendaki apabila pemberlakuan ini nantinya justru menambah kluster penularan Covid-19 yang baru. “Oleh karena itu penerapannya perlu persiapan, jangan dipaksakan”, tegas Bupati.

Pemberlakuan ini dapat diterapkan di seluruh kecamatan, termasuk desa yang berstatus sebagai zona merah. Namun perlu adanya perubahan gaya hidup dan persiapan yang baik agar nantinya wabah Covid-19 tidak semakin meluas. Misalnya pendisiplinan protokol kesehatan seperti cici tangan, wajib mengenakan masker, serta pengaturan jarak fisik.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Forkopimda, para pejabat Setda dan Kepala Dinas jajaran Pemkab Cilacap, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Bupati menandaskan, dalam penerapan tatanan normal baru, Gugus Tugas tetap bertanggung jawab penuh mencegah timbulnya kluster baru Covid-19. Sehingga para Camat diminta untuk mengkaji secara mendalam sejauh mana kesiapan mereka dalam penerapan tatanan normal baru di wilayahnya.(dn/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: