Stabilkan Harga, Pemkab Cilacap Kerjasama PT.DUS & Polres,Gelar OP Gula Pasir Di sejumlah Pasar

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap gelar operasi pasar gula pasir di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kota Cilacap. Sebanyak lima ton gula pasir disiapkan dalam operasi yang digelar selama tiga hari, mulai 30 April hingga 2 Mei 2020. Operasi pasar ini bertujuan untuk menekan harga gula pasir di wilayah tersebut yang mulai melonjak sejak awal tahun 2020.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Cilacap – Umar Said melalui Kepala Bidang Stabilitas Harga, Pengembangan Ekspor dan Standarisasi – Firda Nurul Lisdiana menjelaskan, operasi pasar gula pasir ini digelar bekerjasama dengan pabrik gula PT. Dharmapala Usaha Sukses -DUS Cilacap. Operasi pasar digelar selama tiga hari di lokasi berbeda.

Jadwal operasi pasar gula pasir ini pertama kali digelar pada Kamis(29/04) di Pasar Gede Cilacap, dengan kuota sebanyak dua ton. Berikutnya Jumat (01/05) operasi pasar digelar di Pasar Sidodadi Cilacap dengan alokasi sebanyak satu ton.
Sedangkan untuk Sabtu pagi (02/05) tepatnya digelar di dua tempat yaitu Pasar Tanjung Sari dan PPC dengan kuota masing-masing satu ton,”imbuhnya.

Sementara itu General Manager PT DUS Cilacap – Bambang Suwiknyo disela-sela pelaksanaan operasi pasar di Pasar Tanjung CilacapSabtu (02/05) mengungkapkan, harga gula pasir yang dijual tersebut sesuai dengan HET atau Harga Eceran Tertinggi. Yakni sebesar 12.500 per kilogram. Gula pasir tersebut diperuntukan khusus bagi konsumen, bukan pedagang. Teknisnya, setiap pembelian juga dibatasi, dengan ketentuan maksimal pembelian adalah dua kilogram.

“Gula pasir yang kami sediakan bersama Pemkab Gula pasir yang kami sediakan bersama Pemkab Cilacap dalam operasi pasar ini dipastikan aman karena memang diproduksi secara khusus untuk dikonsumsi masyarakat, Kami memang menjualnya sesuai dengan HET atau 12.500 per kilogramnya,” kata Bambang.

Bambang berharap, dengan operasi pasar gula pasir yang digelar secara berkala nantinya dapat menekan dan menstabilkan harga gula pasir di wilayah Kabupaten Cilacap.

Menurut penuturan Kuswari 50 Th warga jalan Sengon Tritih Kulon, mengaku sangat terbantu dengan adanya OP gula pasir. Semoga OP gula pasir akan sering digelar, sehingga warga kurang mampu bisa terbantu, apalagi dalam situasi Pandemi Covid-19 ekonomi sulit.(Arin/Kominfo).

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: