Dongkrak Citra Positif, TVR Parlemen Gandeng Media Lokal Siarkan Kegiatan DPR RI

Media lokal baik televisi maupun radio didorong untuk ikut serta menyebarluaskan program-program Televisi dan Radio (TVR) Parlemen DPR RI.

Hal itu mengemuka dalam lokakarya bertajuk ‘Sinergi Televisi dan Radio (TVR) Parlemen dengan TV dan Radio Lokal dalam Membangun Pemahaman Publik Terhadap Kinerja Anggota DPR RI’.

Lokakarya tersebut diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah dan DPR RI, sebagai upaya memublikasikan kegiatan anggota DPR RI. Kegiatan berlangsung di Java Heritage Purwokerto,Rabu (04/03/20).

Dalam kesempatannya, anggota Komisi 6 DPR RI – Adisatrya Suryo Sulisto mengapresiasi  upaya sinergi  yang dilakukan oleh TVR Parlemen dengan media televisi dan radio lokal. Bahkan hal itu dinilai sebagai terobosan yang baik untuk mendongkrak citra positif DPR RI.

“Diharapkan dengan lokakarya ini bisa terjadi sinergi TVR Parlemen pusat dengan media lokal, karena banyak konten dan aktivitas DPR dan kegiatan lain. Konten ini bisa dimanfaatkan oleh media lokal, baik televisi maupun radio lokal untuk meningkatkan citra positif DPR RI” jelas Adi.

Senada Ketua KPID Jawa  Tengah –  Budi Setyo Purnomo menyebutkan, sinergi TVR Parlemen dan media lokal dinilai sangat bermanfaat bagi konten siaran lokal, khususnya di Jawa Tengah. Terlebih media dianggap memiliki fungsi dan peranan penting untuk menjadi jendela yang mampu melihat fenomena di sekitarnya.

Lebih lanjut, Budi Setyo Purnomo mengungkapkan, sejauh ini pemberitaan terkait parlemen didominasi pada citra negatif daripada yang positif. Olehkarenanya  langkah sinergi yang dibangun DPR RI dengan media lokal dinilai dapat menjembatani  sekaligus memperkaya konten siaran.

“Porsi pemberitaan parlemen sementara ini kan banyak negatifnya, yang positif jarang sekali terpublikasi, padahal itu penting. Maka sinergi ini bisa menjembatani sekaligus memperkaya konten siaran” imbuhnya.

Selain DPR RI dan KPID, narasumber lainnya dalam kegiatan ini adalah Peneliti Madya Badan Keahlian DPR RI Handrini Ardiyanti.

Kegiatan diikuti perwakilan 50 radio dari wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Tegal, Brebes, dan Cilacap. Termasuk LPPL Radio Bercahaya Fm Cilacap.

(Arin/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: