Kabupaten Cilacap Ikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi

Uji Publik PPID Kabupaten Cilacap dalam rangka pemeringkatan Badan Publik di Semarang.

CILACAP – Komisi Informasi (KI) Jawa Tengah (Jateng)menggelar presentasi Uji Publik bagi Badan Publik yang lolos verifikasi dengan kategori menuju informatif. Uji Publik dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula), Selasa – Rabu, 19 – 20 November 2019.

Uji publik yang rutin dilakukan setiap tahun oleh KI Jawa Tengah diharapkan dapat melihat adanya peningkatan kualitas, infrastruktur dan melihat secara lebih mendalam apakah ada perbedaan yang besar antar satu daerah dengan daerah lain atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah satu dengan yang lainnya.

Materi yang disampaikan dalam uji publik berkaitan keterbukaan informasi pengadaan barang dan jasa, serta implementasi UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Penyampai materi dalam uji publik adalah Bupati/Wali Kota bagi Badan Publik Pemerintah Daerah, sementara untuk Badan Publik SKPD dan RSUD oleh Kepala Dinas atau Direktur RSUD.

Badan Publik yang mengikuti Uji Publik terdiri dari 20 Bupati / Wali Kota, 24 Kepala Dinas SKPD Provinsi dan 13 Direktur RSUD Kab/Kota dan Provinsi.

Kabupaten Cilacap sebagai pemapar presentasi Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, S.STP, M.SI., didampingi Kepala Dinas Kominfo Drs. M. Wijaya, MM., dan Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sukaryanto, S.SiT, MM., yang turut serta dalam Uji Public tersebut setelah dinyatakan lolos saat visitasi yang dilakukan Komisi Informasi pada Senin dan Selasa, 4 dan 5 November 2019 lalu.

Sebagai informasi, Kabupaten Cilacap yang divisitasi adalah Badan Publik Pemerintah Daerah, RSUD, dan DPUPR. Namun setelah visitasi DPUPR tidak lolos sehingga tidak mengikuti Uji Publik.

Para panelis penilai adalah KI Jateng Dr. Wijaya, Dr. Handayani Ningrum dari Kemendagri RI,dan Agus Sunaryanto dari ICW. Akhir dari uji publik ini akan menetapkan Badan Publik yang layak mendapat penghargaan dengan kualifikasi informatif. (wd/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
%d blogger menyukai ini: