Diskominfo Gelar Sosialisasi Masterplan E-Government

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menggelar Sosialisasi Laporan Pendahuluan Masterplan e-Government Kabupaten Cilacap Tahun 2019 – 2022, Senin (11/11/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Jalabumi Setda Cilacap ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariyadi, Asisten Administrasi dan Umum Uong Suparno, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, M. Wijaya.

Sedangkan narasumber paparan yakni Dr. Ir. Endroyono, DEA selaku Konsultan dari ITS Surabaya.Sekda Cilacap Farid Ma’ruf dalam paparan pembukaannya menjelaskan, dari 100 Smart City di Indonesia yang telah terdaftar, baru 8 % yang menunjukkan improvement positif.

“Artinya 92 % masih melihat Smart City sebagai alat pencitraan. Kabupaten Cilacap bisa mengisi celah itu dengan cara berangkat  melalui metode dan cara yang berkelanjutan”, jelasnya.

Berdasarkan Peratiran Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), muara dari pemerintahan berbasis elektronik adalah tersedianya berbagai aplikasi umum dan aplikasi khusus dalam rangka mendukung pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga melalui penyusunan masterplan ini, Kabupaten Cilacap harus memiliki pijakan regulasi untuk melakukan semua program dan aktivitas TIK yang baik. Selain harus memiliki dasar dan output nyata yang terukur, program dan aktivitas ini harus dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, M. Wijaya dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyusun dokumen masterplan atau blueprint pengembangan E-Government di Kabupaten Cilacap. Pelaksanaan kegiatannya direncanakan berlangsungs selama 3 bulan.

Sementara itu Konsultan dari ITS, Dr. Ir. Endroyono, DEA menerangkan, sebagai kabupaten terluas di Jawa Tengah, Cilacap sudah selayaknya memiliki indeks SPBE yang lebih baik dari rata rata nasional.Namun dari detail domain indikator masih banyak hal yang perlu dilakukan melaui inovasi terstruktur dan terencana, agar rata-rata indeks SPBE mencapai poin 3.(dn/kominfo)

Foto : Dari kiri, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Konsultan ITS Dr. Ir. Endroyono, DEA, dan Asisten Administrasi Uong Suparno saat sosialisasi penyusunan masterplan E-Government, Senin (11/11/2019).

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: