Persentase Stunting Cilacap Dinilai Masih Aman

CILACAP – Pertumbuhan kerdil atau stunting di Kabupaten Cilacap dinilai masih dalam status aman. Indikatornya adalah berdasarkan data Penimbangan Serentak atau Pentak terakhir, pengidapnya mencapai 4,8 persen atau dibawah rata – rata jumlah stunting tingkat nasional yakni sekitar 30,8 persen. Sementara jika merujuk pada data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) jumlah balita pengidap stunting di Cilacap jumlahnya ada sekitar 30,4 persen atau masih dibawah rata-rata nasional. Kendati demikian jumlah temuan riskesdas ditargetkan pada tahun 2023 mendatang dapat diturunkan hingga dibawah 20 persen.
Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Farid Rijanto pada pertemuan lintas sektor atau lintas program dalam rangka penyusunan RAD Stunting di aula kantor Dinas Kesehatan Cilacap Kamis( 31/10).
Lebih lanjut Farid Rijanto menjelaskan, untuk memenuhi target tersebut sejumlah program penanganan maupun pengentasan stunting telah dipersiapkan dan sebagian sudah dilaksanakan oleh Pemkab Cilacap melalui Dinas Kesehatan maupun lintas sektoral. Mencakup penganggaran yang bersumber dari APBN, evaluasi kinerja aksi satu dan empat yang dilakukan Dinkes maupun aksi lima sampai delapan oleh sektoral.
Dikatakan, sampai bulan ini masih terdapat sekitar 10 Desa yang dinilai kondisinya cukup memperhatikan dari segi jumlah pengidap stuntingnya. Diantaranya Desa Madura di Kecamatan Wanareja, Desa Segaralangu Kecamatan Cipari. Kemudian tiga desa asal Kecamatan Jeruklegi meliputi Tritih Wetan, Tritih Lor dan Jeruklegi Kulon. Tak terkecuali untuk wilayah perkotaan seperti Kelurahan Sidakaya , Kelurahan Cilacap, Kelurahan Tegalkamulyan, hingga Kelurahan Sidanegara dan Donan.
Farid Rijanto berharap, persoalan kasus stunting di Cilacap benar – benar menjadi fokus perhatian bersama. Yakni dengan ditindaklanjuti bersama melalui Dinas Kesehatan serta lintas sektoral. Sehingga nantinya program yang sudah berjalan maupun sebaliknya dapat dikerjakan dan mendapatkan hasil yang optimal.(Arin)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: