Diskominfo Cilacap dan FK Metra Gelar Pertunjukan Ronggeng

DAYAEUHLUHUR, Cilacap – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap bersama Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) menggelar pertunjukan kesenian Ronggeng ‘Sri Kecana Wangi Bosih Group’, di Pendopo Kecamatan Dayaeuhluhur, Sabtu (1/11/2019).
Acacara ini digelar sebagai bentuk sosialisasi dan promosi atas pencapaian dan keberhasilan pemerintah dalam pembangunan di berbagai sektor. Acara tersebut dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya, MM.
Dalam sambutannya, Wijaya menerangkan bahwa Kabupaten Cilacap dengan wilayah terluas di Jawa Tengah memiliki berbagai kekayaan dan khazanah budaya. Salah satunya seni budaya di Kecamatan Dayaeuhluhur, yang merupakan perpaduan antara unsur budaya Banyumas dan Pasundan.
“Oleh karena itu, sesuai arahan Pak Bupati kami berupaya menjaga agar patok-patok budaya yang ada jangan sampai tergeser di tengah perkembangan era globalisasi”, kata Wijaya.
Sebagaimana diketahui, wilayah Kabupaten Cilacap berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Sehingga pada daerah-daerah perbatasan turut berkembang perpaduan seni budaya antara Banyumasan dan Pasundan. Perpaduan ini menjadi keunikan dan ciri khas bagi wilayah tersebut.
Sementara itu Camat Dayaeuhluhur, Drs. Hari Winarno, M.Si menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, atas terselenggaranya acara ini. “Dayaeuhluhur memiliki ciri khas, terutama adat dan budaya yang  luar biasa.
Ini perlu kita syukuri bersama. Karena di tengah kemajuan teknologi informasi, tak banyak lagi daerah atau wilayah yang mempertahankan adat budaya secara terpelihara seperti halnya di Kecamatan Dayaeuhluhur”, kata Hari.
Selain adat dan budaya yang terpelihara, lanjut Hari, di wilayah tersebut masih banyak spot atau potensi pariwisata yang masih alami. Apabila potensi ini dikemas sedemikian rupa, akan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik terutama bagi wisatawan luar daerah.(dn/kominfo)

 

Foto : Kabid Pengelolaan IKP Diskominfo Cilacap, Sukaryanto mengawali pertunjukan Ronggeng dengan menyerahkan selendang kepada penari.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: