logo
  • Oktober 9, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cilacap Masuk 5 Besar Terbaik Pengelola SIPP dan SP4N LAPOR se – Jawa Tengah

Cilacap Masuk 5 Besar Terbaik Pengelola SIPP dan SP4N LAPOR se – Jawa Tengah

SEMARANG – Kabupaten Cilacap berhasil menjadi terbaik kedua dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan terbaik ketiga Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) se – Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi selaku perwakilan Pemkab Cilacap, dalam Bimbingan Teknis Pengelolaan SIPP dan SP4N LAPOR di Harris Hotel Sentraland Semarang, Senin (7/10/2019). Dalam evaluasi tersebut, pengelolaan SIPP dan SP4N LAPOR oleh Pemkab Cilacap masuk dalam kategori BAIK.

Bimtek dibuka oleh Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber yakni Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan SIPP Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Imanuddin.

Dijelaskan, pengelolaan pengaduan dan penyediaan informasi pelayanan publik melalui aplikasi SIPP dan SP4N LAPOR sangat penting. Sebab layanan tersebut dapat dijadikan sebagai peta pelayanan publik yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat luas.

Selain itu, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dapat melaporkan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan publik, baik jenis pelayanan, jam kerja maupun standar pelayanan melalui aplikasi SIPP ini.

Dengan adanya layanan satu pintu, dapat memberikan kepuasan dan memudahkan masyarakat. Di sisi lain, Pemerintah juga dapat memberikan layanan yang cepat, murah, transparan, efektif, efisein, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang mendukung prestasi pengelolaan SIPP dan SP4N LAPOR di Kabupaten Cilacap. Antara lain Untuk SP4N LAPOR, sudah terdapat SK dan akun masih aktif. Dari 36 laporan, 17 diantaranya terselesaikan, 4 sedang diproses, 14 belum ditindaklanjuti, serta 1 laporan belum terverifikasi.

Sedangkan untuk aplikasi SIPP, Pemerintah Kabupaten Cilacap, telah mengisi profil, memiliki 1 admin, dan 28 sub admin yang merupakan perwakilan masing-masing OPD yang telah melaporkan standar pelayanan publiknya melalui SIPP.(dn/kominfo)

Sebagai tambahan informasi, berikut kabupaten/kota yang masuk 5 besar layanan SIPP dan SP4N Provinsi Jawa Tengah :

Penghargaan SP4N Lapor terbaik Jawa Tengah

  1. Provinsi Jawa Tengah

  2. Boyolali

  3. Cilacap

  4. Kendal

  5. Wonosobo

Terbaik SIPP

  1. Boyolali

  2. Cilacap

  3. Kendal

  4. Pekalongan

  5. Semarang

Foto : Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi (tengah) saat menerima penghargaan pengelola SIPP dan SP4N LAPOR di Semarang, Senin (7/10/2019)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: