24 Menara Disdukcapil Cilacap Akan Dihibahkan kepada Diskominfo

CILACAP – Sebanyak 24 menara milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap akan dialihkan statusnya kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap. Nantinya menara ini akan difungsikan untuk mempercepat akses komunikasi, terutama mengurangi area ‘blank spot’ di sejumlah wilayah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap, Kosasih mendukung upaya tersebut. Sebab kebutuhan masyarakat akan akses komunikasi, terutama layanan internet dan jaringan seluler makin tinggi. Demikian pula jajaran pemerintahan desa dan kecamatan, dalam implementasi e-Government.

“Saya mendukung pengalihan status menara Disdukcapil yang berada di kantor kecamatan kepada Diskominfo Cilacap, dalam rangka akselerasi akses internet di Kabupaten Cilacap”, kata Kosasih.

Sebelumnya, menara tersebut dibangun untuk mendukung pembuatan KTP elektronik di tiap kecamatan. Namun kini perekaman data kependudukan dan pencetakan KTP elektronik dapat dilakukan di 5 unit pelaksana teknis (UPT), yakni UPT Kroya, UPT Cilacap, UPT Jeruklegi, UPT Sidareja, dan UPT Majenang.

Karena tak lagi difungsikan, awalnya menara menara tersebut akan dibongkar. Akan tetapi melihat kebutuhan masyarakat akan akses komunikasi yang semakin meningkat, Diskominfo meminta agar menara tersebut dihibahkan untuk mendukung akselerasi akses komunikasi. Kegiatan ini juga masuk salah satu program Proyek Perubahan yang disusun Kepala Diskominfo Cilacap.

Terpisah, Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap, M. Wijaya mengatakan, pengalihan status menara ini akan melengkapi 371 menara Base Transciever Station (BTS) yang ada di Kabupaten Cilacap. Saat ini surat permohonan hibah telah disampaikan kepada Bupati Cilacap dan masih menunggu persetujuan.

“Beberapa waktu lalu kita juga telah membahas mikro cell plan untuk memetakan zona-zona yang membutuhkan tambahan menara. Diharapkan dengan tambahan menara dari Disdukcapil, ‘blank spot’ di Kabupaten Cilacap dapat dikurangi”, jelasnya.(dn/kominfo)

Foto : Salah satu menara KTP elektronik yang berada di Kantor Kecamatan Cilacap Selatan. Menara ini akan dimanfaatkan sebagai BTS jaringan komunikasi.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: