Presiden Jokowi Resmikan PLTU Unit III Karangkandri

KESUGIHAN, Cilacap – Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit III berkapasitas 1 x 660 mega watt (MW) di Desa Karangkandri, Senin (25/2/2019). Diharapkan operasional PLTU ini dapat mencukupi kebutuhan listrik  untuk wilayah Jawa dan Bali.

“Ini semuanya dipercepat. Jadi yang 1 x 660 MW selesai, nanti yang 1 x 1.000 MW juga akan selesai akhir 2019”, kata Presiden.

Dijelaskan, semula proyek ini ditargetkan selesai pada 2020. Namun keseluruhan proyek dapat diselesaikan pada awal 2019 dan kini dalam tahap uji coba. Dengan beroperasinya PLTU Unit III Karangkandri, PLN dapat melayani tambahan 682 ribuan pelanggan baru di wilayah Jawa – Bali.

Sementara itu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang turut menyertai Presiden dalam sambutannya mengatakan, pada 2018 rasio elektrifikasi di Indonesia telah mencapai 98,2 persen. Diharapkan akhir 2019, angkanya mencapai 99,9 persen.

“Ini jauh lebih tinggi dari target semula yang kita canangkan pada 2014 yaitu sebesar 97,5 persen”, kata Jonan.

PLTU Cilacap Unit III ini dikelola PT. Sumber Energi Sakti Prima dengan kepemilikan saham sebesar 51 persen, dan PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) selaku anak perusahaan PLN dengan kepemilikan saham 49 persen. Nilai investasinya hampir mencapai US$ 900 juta, dengan teknologi super critical boiler.

“Dengan beroperasinya PLTU ini terdapat peluang penambahan sambungan listrik baru kepada masyarakat pelanggan listrik 900 VA hampir 700 ribuan. Untuk pelanggan 450 VA kira kira hampir 1,4 juta”, tambahnya.

Sementara itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengklaim bahwa Kabupaten Cilacap merupakan pusat Pulau Jawa. Kebijakan pembangunan di Kabupaten Cilacap yakni Bangga Mbangun Desa, selaras dengan kebijakan Presiden dan hasilnya mulai dirasakan masyarakat.

“Kalau Indonesia ingin maju, bangunlah Cilacap. Dan kalau Cilacap mau maju, bangunlah desanya. Alhamdulillah hasilnya mulai dirasakan masyarakat, jalan jalan di Kabupaten Cilacap sudah baik”, kata Bupati.

Peresmian PLTU Unit III Karangkandri ditandai dengan penekanan sirine oleh Presiden bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji, dan Direksi PT. S2P. Usai meresmikan PLTU Unit III, Presiden beserta rombongan meninjau lokasi proyek.(dony/kominfo)

Foto : Presiden RI Joko Widodo meresmikan PLTU Unit III 1 x660 MW di Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan Cilacap. Nilai investasi proyek ini mencapai US$ 900 juta dan menyerap 6.000 tenaga kerja.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: