logo
  • Februari 9, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada 254 Nelayan Terima Pas Kecil dari Menko PMK

254 Nelayan Terima Pas Kecil dari Menko PMK

JERUKLEGI, Cilacap – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyerahkan 254 kartu pas kecil kepada nelayan Cilacap. Penyerahan dilakukan saat Menko PMK Puan Maharani bersilaturahmi dengan nelayan di Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Sabtu (9/2/2019).

Rombongan Kemenko PMK tiba di Bandara Tunggul Wulung Cilacap sekitar pukul 13.40 WIB. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut dalam rombongan mendampingi Menteri. Setiba di halaman bandara, Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji bersama ratusan nelayan Cilacap telah menanti.

Dalam sambutan pengantarnya, Ganjar mengungkapkan bahwa Kabupaten Cilacap memiliki potensi sumber daya kelautan yang besar. Namun pada musim-musim tertentu, nelayan tidak bisa melaut karena cuaca buruk. Hal ini berdampak terhadap menurunnya penghasilan nelayan.

“Solusinya bisa membuat kelompok, mengusulkan usaha atau bantuan. Perempuan nelayan bisa membuat kerajinan, kuliner, kita bisa fasilitasi apakah pelatihan, permodalan atau pendampingan. Termasuk kartu pas yang diberikan hari ini”, kata Ganjar.

Menko PMK, Puan Maharani mengatakan, pemerintah memberikan 5.000 kartu pas untuk nelayan Kabupaten Cilacap. Hingga saat ini sekitar 3.500 kartu pas telah diserahkan dan terus dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan.

Menurut Puan, Cilacap menjadi wilayah prioritas penyerahan kartu pas. Sebab wilayah ini merupakan salah satu sentra penghasil ikan konsumsi di Indonesia. Agar nelayan Cilacap tetap berpenghasilan di masa paceklik, pemerintah terus berupaya merumuskan program pemberdayaan masyarakat.

“Saya juga telah mendorong Kementerian UKM  supaya memberikan pendampingan bagaimana membuat diferensiasi produk, pengemasan yang lebih baijk, dan pemasarannya sehingga orang tertarik untuk membeli”, kata Puan.

Sementara itu Ketua DPC HNSI Kabupaten Cilacap Sarjono mengungkapkan masih ada perizinan yang tumpang tindih untuk kapal berukuran 7 – 10 gross ton (GT). Padahal menurut dia, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan kapal berukuran 10 GT kebawah cukup dengan pas kecil.

“Tapi kenyataan di lapangan 7 – 10 GT sekarang belum bisa diselesaikan. Harapan kami ada koordinasi antara KKP dengan Kementerian Perhubungan bahwa kapal 10 GT kebawah cukup dengan pas kecil”, jelasnya.

Usai bersilaturahmi dan menyerahkan pas kecil untuk nelayan Cilacap, rombongan Kemnko PMK bertolak ke Kabupaten Banyumas. Di sana, Menko PMK akan bersilaturahmi dengan penerima bantuan sosial dan memaparkan penguatan Gerakan Nasional Revolusi Mental.(dony/kominfo)

Foto : Menko PMK Puan Maharani menyerahkan dokumen pas kecil kepada perwakilan nelayan Cilacap, di Bandara Tunggul Wulung, Sabtu (9/2/2019).


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: