Target Retribusi Menara Telekomunikasi Naik 61 Persen

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menargetkan perolehan retribusi tower telekomunikasi yang ada di wilayah Cilacap sebesar Rp 1,5 miliar pada tahun 2020. Angka ini naik dibandingkan target sebelumnya yang berada di kisaran Rp 921 juta.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, S.T.,M.M saat memimpin Rapat Rencana Pendapatan Daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2020, di ruang rapat Jalabumi Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap, Kamis (7/2/2019).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. Hari Winarno, M.Si yang hadir pada rapat tersebut menyampaikan, ada beberapa arahan dari Sekda untuk mengawal kenaikan target retribusi yang nilainya mencapai 61 persen.

Yakni perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penataan Menara Telekomunikasi dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di Kabupaten Cilacap.

“Arahan Pak Sekda yakni perubahan Perda 1/2017 pada perubahan APBD 2019. Sehingga wajib retribusi tidak hanya penyeda menara tetapi juga provider yang menggunakan menara tersebut”, jelasnya.

Saat ini, keberadaan menara telekomunikasi di Cilacap diatur dalam Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penataan Menara Telekomunikasi dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Berdasarkan perda tersebut, tarif retribusi ditetapkan sebesar Rp 2.437.000. Namun struktur dan besaran tarif retribusi untuk tiap menara ditetapkan dengan formulasi khusus, berdasarkan indeks lokasi dan indeks ketinggian menara.

Di Kabupaten Cilacap, saat ini ada 367 menara telekomunikasi. Dari jumlah tersebut, 95 persen diantaranya telah memiliki izin, dan sisanya tengah menyelesaikan proses perizinan. Inventarisasi terus dilakukan agar perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini lebih optimal.(dony/kominfo)

Foto : Petugas Diskominfo Kabupaten Cilacap memasang papan nama pada menara telekomunikasi yang telah teregistrasi.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: