Fungsi TPI Terus Dioptimalkan

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap saat ini berupaya mengembangkan seluruh Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di wilayahnya. Hal tersebut diungkapkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Cilacap, Dian Setyabudi saat mewakili Bupati Cilacap menerima kunjungan Komisi C dan Komisi D DPRD Kabupaten Batang, Senin (28/1/2019).

“Saat ini potensi perikanan tangkap di Kabupaten Cilacap mencapai 72 ribuan ton. Namun yang baru dimanfaatkan sekitar 14 ribuan ton atau 20 persen”, kata Dian.

Di jelaskan, di Kabupaten Cilacap saat ini ada 11 unit TPI. Namun sejak 31 Desember 2009, 6 TPI yang semula dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diserahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Dalam pengelolaannya, Pemkab Cilacap telah mengaturnya dengan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2009 tentang Tempat Pelelangan Ikan”, tambahnya.

Dian menyebutkan, sejak 1 Januari 2010 Pemkab Cilacap juga tidak lagi memungut retribusi penangkapan ikan. Hal ini sesuai Surat Menteri Kelautan dan Perikanan RI nomor B.727/MEN-KP/XII/2009 perihal Penghapusan Retribusi dan Pungutan Hasil Perikanan dalam rangka Usaha Nelayan.

Luasnya wilayah pesisir dan laut dengan berbagai potensi yang ada di dalamnya, menurut Dian merupakan potensi pembangunan yang sangat besar apabila dikelola dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.(dony/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: