logo
  • Januari 25, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Bupati Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Warga Perumahan PPC

Bupati Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Warga Perumahan PPC

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan sertfikat tanah kepada warga sekitar perumahan Pelabuhan Perikanan Cilacap (PPC), Kelurahan Tegalkamulyan Cilacap, Jumat (25/1/2018). Penyerahan dilakukan secara simbolis dalam satu acara di Pendopo Wijayakusuma Cilacap.

“Saya berharap sertifikat ini digunakan sebagaimana mestinya. Kalau mau untuk agunan di bank, maka gunakanlah untuk kepentingan usaha.”, kata Bupati.

Dijelaskan, untuk mendapatkan sertifikat tersebut warga bersama masyarakat nelayan harus menunggu sekitar 25 tahun. Lamanya penerbitan sertifikat karena terkendala permasalahan prasertifikasi, sehingga prosesnya menjadi panjang.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Cilacap, Dian Setyabudi mengatakan, untuk menyelesaikannya, Pemkab membentuk Tim Fasilitasi Penyelesaian Tanah Perumahan Pelabuhan Perikanan Cilacap pada tahun 2017. Tim melakukan penelusuran data, inventarisasi aset dan identifikasi.

Dari hasil identifikasi data yuridis diperoleh aset tanah di perumahan PPC seluas 32.947m2. Tanah perumahan seluas 21.080 m2 dengan bangunan rumah sebanyak 350 unit. Sedang tanah seluas 11.867 m2 digunakan untuk fasilitas umum seperti jalan, saluran air, MCK, sekolahan, masjid dan ruang terbuka.

Pada saat awal pendataan sudah ada sebanyak 50 warga yang melunasi, tetapi setelah sampai akhir kegiatan menjadi sebanyak 342 orang. Sehingga tersisa delapan orang yang belum melunasi. Sehingga tim fasilitasi mengusulkan pensertifikatan tanah melalui pendaftaran PTSL di BPN.

Hasilnya terdapat sebanyak 342 bidang tanah hak milik warga di PPC untuk tempat tinggal, 79 bidang tanah sertifikat hak pakai atas nama Pemkab untuk fasilitas umum, dan 8 bidang tanah milik warga yang belum dapat diterbitkan sertifikatnya karenaa belum pelunasan pada saat pendaftaran PTSL, ujar Dian.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Cilacap, Yuli Mardiono menjelaskan, sertifikat memberikan kepastian fisik, luas, serta letak tanah yang dimiliki. Kepemilikan tanah dari proses jual beli, hibah, waris, dapat terlindungi oleh hukum dengan adanya sertifikat.

“Selama tahun 2018, program PTLS di Kabupaten Cilacap, mampu mensertifikatkan sebanyak 24.141.  Dari jumlah tersebut sertifikat untuk warga Tegalkamulyan sebanyak 508 sertifikat”, jelasnya.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: