logo
  • Januari 25, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Baru Dibuka, Lapak Petani Diserbu Pembeli

Baru Dibuka, Lapak Petani Diserbu Pembeli

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menggelar bursa ‘Lapak Petani’ di halaman kantor setempat, Jumat (25/1/2019). Sejumlah komoditas pertanian yang diperdagangkan bahkan ludes diserbu pembeli, sebelum dibuka oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

“Ini di luar ekspektasi saya. Sejak pukul 06.30 WIB sudah banyak pembeli, bahkan kami sempat khawatir saat pembukaan sudah tidak ada barang”, kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto.

Tingginya animo masyarakat disebabkan karena berbagai komoditas tersebut diperdagangkan di bawah harga pasar. Telur ayam ras misalnya, apabila dipasaran harganya mencapai Rp 23.000/kg, pada bursa ini hanya dijual Rp 20.500/kg.

 “Harganya jelas lebih murah dari harga pasar. Batasan saya yakni harga petani ditambah setengah margin dengan harga pasar”, tambah Supriyanto.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, melalui program ini pihaknya ingin meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya dengan memangkas alur distribusi barang, sehingga petani dapat menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif.

“Kita tingkatkan kualitas produk, kemudian bagaimana bisa menjual. Sehingga dijual kepada masyarakat lokal dan semua pejabat harus turun tangan mensukseskan program ini”, tegas Bupati.

Untuk tahap awal rencananya kegiatan ini akan dibuka hingga Sabtu (26/1/2019). Namun Bupati menghendaki program ini diselenggarakan tiap hari libur. Bupati juga akan berkoordinasi dengan pihak swasta untuk turut mendukung program ‘Lapak Petani’.

“Saya mengalokasikan hari Minggu dan hari libur agar berjualan di Jl. Katamso. Nanti kita evaluasi, mana yang paling laku, paling diminati, dan yang tidak bagus, Dinas Pertanian harus turun tangan”, tambahnya.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Ny. Tetty Rohatiningsih, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, S.T.,M.M, beserta sejumlah pejabat Setda Cilacap. Bupati bersama istri juga sempat berinteraksi bersama masyarakat dan turut melayani pembeli.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji turut melayani pembeli pada bursa Lapak Petani di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Jumat (25/1/2019).


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: