logo
  • Januari 23, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Berdayakan Produk Lokal, Dinas Pertanian Cilacap Selenggarakan ‘Lapak Petani’

Berdayakan Produk Lokal, Dinas Pertanian Cilacap Selenggarakan ‘Lapak Petani’

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap akan menyelenggarakan bursa ‘Lapak Petani’ di halaman Kantor Dinas Pertanian, Jl. Rinjani Cilacap, Jumat (24/1/2019). Lapak Petani akan menyediakan sejumlah komoditas yang harganya turun beberapa waktu belakangan seperti telur ayam ras, daging ayam ras, cabai, sayur mayur, dan buah-buahan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto menjelaskan, dalam hal ini pihaknya sebatas memfasilitasi petani dalam bertransaksi dengan konsumen. Ada 6 tenda masing masing berukuiran 3 x 3 meter yang tersedia bagi 20 petani produsen hasil pertanian.

“Pada program ini, petani bisa menjual langsung produknya dengan harga lebih tinggi dibandingkan menjual kepada pengepul atau pedagang lainnya”, kata Supriyanto, Selasa (22/1/2019)

Dijelaskan, bursa Lapak Petani dapat memberikan keuntungan lebih besar bagi petani. Perhitungannya, petani dapat menjual produk dengan harga maksimal, di mana harga pokok penjualan ditambah setengah margin antara harga petani dan pasar.

“Sehingga petani dapat menikmati keuntungan lebih besar, dari produk yang ditawarkan”, tambahnya.

Apabila memungkinkan, program ini akan dikembangkan pada daerah-daerah yang strategis seperti jalur lintas provinsi maupun daerah penghasil produk pertanian. Sedangkan pasca panen, tidak diperbolehkan berjualan dengan mendatangkan produk pertanian dari daerah lain.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: