logo
  • January 2, 2019
  • Berita
  • Comments Off on Mulai 2019, ASN Cilacap ‘Dilarang’ Merokok

Mulai 2019, ASN Cilacap ‘Dilarang’ Merokok

CILACAP – Mulai tahun 2019, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Cilacap dilarang merokok di tempat kerja. Larangan tersebut ditegaskan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, saat memimpin Apel Pagi bersama seluruh ASN di Halaman Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Rabu (2/1/2019).

Apel diselenggarakan dalam rangka mengawali tahun baru 2019, diikuti Sekda Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, ST,MM, Kepala OPD, Camat, Direktur BUMD, dan ASN di jajaran Pemkab Cilacap. Himbauan larangan tersebut, telah disampaikan melalu Surat Edaran Bupati Nomor 440/9731/16 tanggal 26 Desember 2018.

“Kalau saudara sekalian ingin sehat, kurangi merokok. Dan saya ingin saudara saudara sehat, sehingga melarang merokok terutama di tempat kerja”, kata Bupati.

Menurut Bupati, Pemkab Cilacap berkewajiban dan berkomitmen mengendalikan paparan asap rokok di lingkungan tertentu melalui penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). KTR adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan produksi, penjualan, iklan, promosi dan/atau penggunaan rokok.

Inisiasi serupa sebelumnya juga digagas oleh DPRD Cilacap, yang berupaya menyusun regulasi KTR. Sebab sejauh ini baru Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti RSUD Cilacap dan puskesmas, yang menerapkan KTR. Pada Juni 2018 lalu, DPRD juga telah mengadakan Public Hearing melibatkan sejumlah dinas, BLUD, dan tim ahli hukum Unwiku Purwokerto.

Lebih lanjut Bupati mengajak peserta untuk merenungi berbagai hal yang dilalui selama tahun 2018. Selain keberhasilan, dinamika pemerintahan juga tak lepas dari kegagalan. Sehingga Bupati meminta seluruh ASN untuk mengoptimalkan kinerja, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Matahari tidak akan selamanya bersinar. Kita tahu siklus ini, maka kita harus mau belajar dari masa lalu dan pengalaman. Bahwa semua manusia pasti akan mengalami masa masa sulit dan akan berlalu ketika mau belajar, bekerja dan berdoa”, tambah Bupati.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Tatto S. Pamuji tegaskan larangan merokok di tempat kerja saat Apel Bersama segenap ASN di lingkungan Pemkab Cilacap di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Rabu (2/1/2019).


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d bloggers like this: