logo
  • Desember 31, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Jaga Stabilitas Harga Beras, TPID Cilacap Launching Toko TPID

Jaga Stabilitas Harga Beras, TPID Cilacap Launching Toko TPID

CILACAP – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Purwokerto melaunching Toko TPID di Pasar Sidadadi Sakalputung Cilacap, Senin (31/12/2018). Launching dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

Turut hadir Kepala BI KPw Purwokerto, Agus Chusaini, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Cilacap Dian Arinda Murni, serta sejumlah pejabat Setda Cilacap. Launching ini juga menandai beroperasinya Toko TPID di dua pasar lainnya, yakni Pasar Tanjungsari dan Pasar Gede Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengungkapkan, Kabupaten Cilacap merupakan salah satu lumbung padi di Jawa Tengah, dengan produktivitas yang surplus tiap tahun. Meski demikian, harga beras di wilayah ini masih fluktuatif, sehingga TPID melakukan upaya stabilisasi harga.

“Ini sebagai role model. Apabila sukses saya harapkan langkah serupa juga diterapkan untuk komoditas lainnya”, kata Bupati.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Cilacap, Umar Said menjelaskan, untuk tahap awal TPID mengalokasikan 30 ton beras kualitas medium. Beras tersebut dijual seharga Rp 47.500 dalam kemasan 5 kg, di sekitar 20 Toko TPID di tiga pasar wilayah eks Kotip Cilacap.

“Kita juga melihat perkembangan harga seperti apa, karena peran Toko TPID ini untuk menstabilkan harga. Kalau harga beras naik, kita gelontor”, kata Umar.

Sementara itu Kepala BI KPw Purwokerto, Agus Chusaini menjelaskan, peluncuran Toko TPID memberi ruang gerak yang lebih jauh bagi pemerintah. Tidak hanya sebagai otoritas pengendali, tetapi juga sebagai pelaku. Pihaknya akan mengevaluasi evektivitas program ini pada satu bulan pertama.

“Ini merupakan role model pertama, kalau hasilnya efektif nanti kita replikasi untuk komoditas lainnya”, kata Agus.

Sebagai informasi, beras yang dijual di Toko TPID merupakan produksi petani lokal Cilacap. Apabila sebelumnya komoditas tersebut didistribusikan ke sejumlah kota besar, kali ini pasokannya diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji melayani pembeli pertama di Toko TPID. Pada tahap awal, Toko TPID menjual beras kualitas medium dengan harga kompetitif bagi masyarakat.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: