logo
  • Desember 17, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tak Hanya Warisan Budaya, Jamu Tradisional Didorong Jadi Penggerak Ekonomi

Tak Hanya Warisan Budaya, Jamu Tradisional Didorong Jadi Penggerak Ekonomi

CILACAP – Deputi II Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM RI, Maya Gustina Andarini berharap, jamnu tradisonal kembali menjadi salah satu warisan budaya masyarakat dan penggerak ekonomi.

Hal itu disampaikan dalam Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Gerakan Desa Obat Tradisional Aman, di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Minggu (16/12/2018). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 500 peserta yang merupakan pelaku usaha dan pemasar jamu tradisional.

Maya menjelaskan, pihaknya akan memberikan pembinaan dan pendampingan. Melalui Gerakan Desa Obat Tradisional Aman Obat dan Makanan, pihaknya juga akan memperluas pasar berskala nasional, bahkan global. Cilacap juga dijadikan sebagai sentra jamu unggulan di Indonesia.

“Apabila masih ada pelaku usaha yang bandel menggunakan bahan komia obat (BKP) pada produknya, maka akan dilakukan penindakan hukum, setelah upaya pendekatan dan pembinaan tidak dihiraukan”, kata Maya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, pendampingan ini dapat mengembalikan kejayaan jamu asal Cilacap. Edukasi, bimbingan, dan pendampingan yang dilakukan juga diharapkan menjadi salah satu ajang promosi bagi jamu tradisional Cilacap, sebagai produk herbal alami.

Ketua Umum Perkumpulan Pelaku Jamu Alami Indonesia (PPJAI) Mukit Hendrayatno menjelaskan, saat ini ada 9 perusahaan jamu yang tersebar di Kabupaten Cilacap, Purbalingga dan Banyumas. Dari perusahaan tersebut, tercatat setidaknya ada 80 pelaku usaha yang menjadi anggota PPJAI.

“Memang masih ada sekitar 50 – 70 % dari sekitar 200 industri jamu yang belum mengurus izin pabrik. sehingga sulit diawasi dan dikoordinir”, kata Mukit.

Pada kesempatan ini, Bupati, pejabat dan para peserta minum jamu bersama. Bupati juga menandatangani komitmen Gerakan Desa Obat Tradisional Aman bersama stakeholder terkait. Dengan komitmen ini, diharapkan kerjasama antara BPOM dan Pemkab Cilacap makin kuat.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: