logo
  • November 14, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada BPBD Cilacap Gelar Workshop Action Planning Kota Tangguh

BPBD Cilacap Gelar Workshop Action Planning Kota Tangguh

CILACAP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap menggelar Workshop Action Planning Kota Tangguh Cilacap, Selasa (13/11/2018). Kegiatan yang dilaksanakan di Fave Hotel Cilacap ini menghadirkan Mr. Tejas Patnaik dari UNISDR, dan Mr. Depak dari Seeds Asia.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy dalam sambutannya menjelaskan, pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya, dimana Kab. Cilacap telah melakukan need assessment dan penilaian mandiri atas kerentanan dan kapasitas atas bencana.

“Bila kita lihat peristiwa bencana di Palu (Sulawesi Tengah) selain adanya bencana gempabumi dan tsunami terjadi juga bencana yang disebabkan oleh likuifaksi. Sehinga kita lihat bahwa tata kota menjadi penting diperhatikan”, kata Tri Komara.

Disebutkan, saat ini ada kecenderungan penduduk yang berpindah ke kabupaten dan kota untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Lebih dari 52% penduduk Indonesia hidup di kawasan perkotaan maupun kabupaten yang telah mengalami proses transformasi menjadi kawasan urban. Diproyeksikan dalam 25-30 tahun lagi lebih dari 3/4 penduduk dunia tinggal di kabupaten dan kota.

“Ini mempengaruhi penyediaan layanan publik, perumahan dan infrastuktur, air bersih dan makanan, dan kriminal. Hal di atas akan meningkatkan kerentanan terhadap bencana mengingat penduduk kota mempunyai pilihan sedikit terhadap tempat hidup dan penghidupan”, tambahnya.

Pertemuan ini, lanjut Tri Komara bertujuan membuat rencana aksi berdasarkan assessment yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan hasil tersebut seluruh stakeholder perlu mengembangkan aksi nyata yang dapat dilakukan.(dony/diskominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: