logo
  • November 12, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada OPD Diminta Optimalkan Serapan Anggaran

OPD Diminta Optimalkan Serapan Anggaran

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Rapar Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) Triwulan III Tahun Anggaran 2018. Rakor dibuka dan dipimpin Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dihadiri Kepala OPD dan Camat jajaran Pemkab Cilacap.

Turut hadir Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Asisten Sekda, serta para Kepala Bagian Setda Cilacap. Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Dian Setyabudi dalam paparannya meminta OPD melakukan percepatan kegiatan fisik maupun penyerapan anggaran.

“Masih ada 17 dinas/badan/BLUD, 7 kecamatan dan 7 bagian yang realisasi fisiknya masih tergolong kurang, yaitu di bawah 76,75 %”, kata Dian.

Dijelaskan, untuk kegiatan DAK fisik reguler progresnya saat ini cukup tinggi pada kisaran rata-rata 83,51 %. Namun masih ada satu kegiatan bidang kesehatan yaitu pembangunan Puskesmas Dayaeuhluhur I yang realisasi fisiknya baru 57 %.

“Sedangkan kegiatan fisik DAK Penugasan rata-rata keseluruhan progresnya 99,34 % dan sudah ada realisasi fisik yang mencapai 100 % yaitu bidang air minum”, tambahnya.

Adapun kegiatan DAK Non Fisik, realisasi secara fisik dan keuangan rata-rata sebesar 75,75 %. Kegiatan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Tengah rata-rata terealisasi 91,82 %, namun masih ada dua kegiatan bantuan non fisik yang kegiatannya di bawah 50 % yang dikelola 2 OPD.

Sedangkan realisasi keuangan belanja langsung APBD Kabupaten Cilacap relatif cukup baik, dengan penyerapan SP2D sebesar 73,75 %, dan SPJ sebesar 60,14 %. OPD yang mendapat DAK diminta melakukan upaya percepatan kegiatan, karena waktu pelaksanaan kegiatan TA 2018 relatif tinggal 1 bulan.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengajak Kepala OPD untuk mewujudkan birokrasi enterpreuner. ASN jajaran Pemkab Cilacap diminta melaksanakan kegiatan pembangunan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing, secara efektif dan efisien.

“Jadi untuk waktu yang sangat singkat ini, saya tidak mau dengar banyak alasan. Saya ingin Kepala OPD mau bekerja, bukan hanya bicara dan doa saja. Tapi ayo kita buktikan kalau kita bekerja”, tandas Bupati.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji (tengah) memimpin Rakor POK Triwulan III TA 2018.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: