logo
  • November 5, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cilacap Masuk Nominasi Penghargaan PUPR

Cilacap Masuk Nominasi Penghargaan PUPR

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menerima kunjungan Tim Penilai Penghargaan PUPR dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kamis (1/11/2018). Rombongan yang diketuai oleh Mainar Manurung diterima Bupati di Ruang Prasanda, Pendopo Wijayakusuma Cilacap.

Mainar mengungkapkan, pihaknya akan melakukan verivikasi dan validasi data-data terkait pengelolaan sampah Refused Derrived Fuel (RDF). Menurut dia, Kabupaten Cilacap masuk dalam daftar nominator penghargaan PUPR bersama 4 kabupaten/kota lain untuk kategori Waste to Energy.

“Keberadaan RDF menjadi salah satu faktor pendukung, karena memanfaatkan potensi sampah untuk diubah menjadi energi”, kata Mainar.

Mengingat RDF belum beroperasi, Tim Penilai akan fokus memverivikasi aspek perencanaan, termasuk kesiapan institusi pengelola dan dukungan regulasi. Dalam hal ini, Kementerian PUPR juga akan mengevaluasi komitmen Pemkab dalam memanfaatkan infrastruktur ke PU an, untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kabupaten/kota yang masuk peringkat tiga besar akan kami undang ke Jakarta pada Hari Bakti PU tanggal 3 Desember 2018 untuk presentasi”, tambahnya.

Selain Cilacap, kabupaten/kota yang masuk nominasi Penghargaan PUPR yakni Kota Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Balikpapan. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengatakan, RDF merupakan pilot project untuk penyelesaian persoalan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Sesuai rencana pada akhir November nanti, RDF akan diuji coba, dengan harapan dapat beroperasi optimal. Teknologi ini juga sangat memungkinkan diterapkan di Cilacap, karena ada perusahaan semen yang menggunakan batubara untuk operasional”, kata Bupati.

Bupati menegaskan, RDF merupakan jawaban atas persoalan keterbatasan lahan TPA. Sebab TPA Tritih Lor dengan luas lahan 6,3 hektar makin sempit, sejak dibuka tahun 1995. Usai diterima Bupati, rombongan selanjutnya melakukan tinjauan lapangan ke TPA Tritih Lor, tempat berdirinya pabrik RDF. (dony/kominfo)

Foto : Bupati Tatto S. Pamuji (berkemeja biru) berfoto bersama Tim Penilai Penghargaan PUPR.

Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: