logo
  • November 1, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada BID Optimalkan Pemanfaatan Dana Desa

BID Optimalkan Pemanfaatan Dana Desa

CILACAP – Sebanyak 387 orang dari 129 desa di Kabupaten Cilacap mengikuti sosialisasi informasi Program Inovasi Desa (PID) di Gedung Graha Pemuda, Kamis (1/11/2018). Di hari kedua pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Cilacap, kegiatan diisi mekanisme bursa, penggunaan kartu ide dan kartu komitmen PID.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk PID, Ahmad Muji menjelaskan, kegiatan ini bertujan mengoptimalkan penggunaan Dana Desa yang digulirkan sejak 2015. Pemanfaatnya difokuskan untuk pengembangan berbagai bidang unggulan sesuai karakteristik dan potensi tiap desa.

“Selama ini penggunaan Dana Desa cenderung digunakan untuk peningkatan infrastruktur. Harapan Kementerian Desa PDTT tidak hanya kearah itu, tetapi juga dapat mengakomodir program-program unggulan lainnya”, kata Muji.

Dijelaskan, inovasi pembangunan sangat diperlukan untuk mengoptimalkan potensi dan mendorong kemajuan desa. Salah satu upayanya yakni dengan mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa, yang didukung dengan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Oleh karena itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap menggelar Bursa Inovasi Desa (BID), sebagai implementasi Program Inovasi Desa (PID) yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Pelaksanaan PID dilaksanakan sesuai tahapan, diawali Rapat Pleno dengan pembahasan informasi PID, serta pemberian rating untuk inovasi terbaik dan diminati. Selanjutnya tiap desa berdiskusi dengan Tim Pembina Inovasi Desa (TPID) untuk menuangkan inovasi yang akan dilaksanakan dalam kartu komitmen.

Desa juga didorong menuangkan inovasi yang belum terdokumentasi, dan berkonsultasi pada ruang bursa. Ada 3 ruang bursa yang tersedia yaitu Bidang Infrastruktur, Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, serta Sumber Daya Manusia, yang didukung dinas dan stakeholder terkait.

“Setelah berkonsultasi, diharapkan mereka mendapat informasi dan pengetahuan tentang inovasi yang tertuang dalam kartu komitmen. Kartu komitmen ini selanjutnya diserahkan kepada Tim Inovasi Kabupaten (TIK) untuk ditindaklanjuti”, tambahnya.

Dalam pembukaan BID Tahun 2018, sehari sebelumnya, Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa Raden menjelaskan, BID bertujuan mendorong masyarakat desa berinovasi untuk mengembangkan potensi unggulan demi kemajuan desa.

“Sehingga warga mengenal dan mampu mengatasi berbagai permasalahan ekonomi dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada di sekitarnya”, kata Arifin.(dony/kominfo)

Foto : Peserta PID sedang berkonsultasi di salah satu ruang bursa dalam program BID Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Cilacap.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: