logo
  • Oktober 31, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Sekda Buka Bursa Inovasi Desa

Sekda Buka Bursa Inovasi Desa

CILACAP – Berbagai produk unggulan dari seluruh desa di Kabupaten Cilacap ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Graha Pemuda Bercahaya ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Rabu (31/10/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa Raden, selaku Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan, kegiatan ini diselenggarakan slama dua hari hingga Kamis (1/11/2018) dan diikuti 269 desa di 21 Kecamatan di Kabupaten Cilacap.

“Program ini bertujuan meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui berbagai kegiatan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa”, kata Arifin.

Arifin berharap, dalam jangka menengah upaya ini mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan. Membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat, dan kemandirian desa sesuai arah kebijakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, melalui sambutan yang disampaikan Sekda Farid Maruf mengungkapkan penggunaan keuangan desa perlu dioptimalkan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pengurangan pengangguran serta meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Untuk itu, saya berharap kegiatan ini menginspirasi kita untuk bisa menerapkan inovasi sesuai kebutuhan dan potensi masing-masing. Serta dapat menyebarluaskan inovasi tersebut kepada masyarakat”, kata Sekda.

Usai membuka Bursa Inovasi Desa, Sekda didampingi Forkopimda dan Kepala OPD terkait meninjau tiap stan. Berbagai produk unggulan yang ditampilkan antara lain Batik Sekarwaru dari Desa Klumprit Kecamatan Nusawungu, Patung Asmat dari Desa Jeruklegi Wetan Kecamatan Jeruklegi, Mesin Pencacah Batang Pisang untuk pakan ternak dari Kecamatan Maos, dan buah Melon Golden dari Desa Maudra Kecamatan Wanareja.(dony/kominfo)

Foto : Pemukulan gong oleh Sekda Cilacap, Farid Maruf menandai pembukaan Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Cilacap.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: