logo
  • Oktober 29, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Gandeng FK Metra, Diskominfo Cilacap Gelar Wayang Kulit

Gandeng FK Metra, Diskominfo Cilacap Gelar Wayang Kulit

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, di halaman Pasar Pahing Kecamatan Maos, Sabtu (27/10/2018).

Pagelaran dimainkan dalang lokal, yakni Ki Dalang Guntur Riyanto dari Desa Klapagada Maos, mengangkat lakon ‘Baladewa Mbangun Pasar’. Acara tersebut dihadiri Camat Maos, Husen beserta jajaran Forkopimcam, Kepala Desa di wilayah Kecamatan Maos, serta para penggemar wayang kulit.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cilacap, M. Wijaya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana penyampaian informasi pembangunan daerah. Media tradisional, dalam hal ini kesenian wayang kulit dinilai efektif untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan.

“Kami bekerjasama dengan FK Metra dalam diseminasi informasi pembangunan. Ini merupakan kegiatan tahunan dan kali ini diselenggarakan di Kecamatan Maos”, kata Wijaya.

Sementara itu, Camat Maos, Husen menerangkan, perkembangan seni pedalangan di Kecamatan Maos cukup baik. Terbukti setiap desa di wilayah itu mempunyai satu paguyuban yang membina seni pedalangan. Sejumlah even yang digelar Pemkab Cilacap, diharapkan dapat mewadahi para dalang muda untuk mengembangkan kemampuannya.

“Kecamatan Maos sangat potensial untuk pengembangan seni pedalangan. Terbukti masing-masing desa memiliki dalang-dalang muda yang potensial”, kata Husen.

Pagelaran dibuka secara simbolis oleh Kepala Diskominfo Cilacap, ditandai penyerahan tokoh wayang kulit Baladewa kepada Ki Dalang Guntur Riyanto. Antusiasme masyarakat cukup tinggi, terlebih pagelaran tersebut juga dirangkai seni kontemporer berupa musik dan lagu-lagu campursari.(dony/kominfo)

Foto : Kepala Diskominfo Cilacap, M. Wijaya menyerahkan tokoh wayang Baladewa kepada Ki Guntur Riyanto, mengawali pagelaran wayang kulit di Kecamatan Maos.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: