Sekolah Lapang Iklim Tahap 2 Dimulai

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji membuka kegiatan Sekolah Lapang (SLI) Iklim Tahap 2, yang diselenggarakan oleh Stasiun Klimatologi Semarang. Pembukaan dilaksanakan di Hotel Atrium Jl. S. Parman Cilacap, Kamis (27/9/2018).

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Semarang, Tuban Wiyoso dalam laporannya menjelaskan, peserta SLI sebanyak 30 orang yang terdiri dari 20 petani, 8 orang penyuluh pertanian, 2 orang peserta  tambahan dari Pusat Meteorologi Publik BMKG.

“Waktu pelaksanaan sekitar 3 hari mulai 27 hingga 29 September 2018, dengan narasumber dari BMKG, Dinas Pertanian, Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH), Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP), dan universitas”, kata Tuban.

SLI merupakan upaya pemerintah meningkatkan produksi pangan, khususnya padi, jagung, dan kedelai, melalui peningkatan pemahaman iklim dan cuaca. Adapun metode pelaksanaannya dilakukan secara interaktif, praktik, dan simulasi dalam ruangan. Selanjutnya SLI diakhiri dengan field trip di Stasiun Meteorologi Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, penyelenggaraan SLI dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Cilacap. Tidak hanya demi kemakmuran petani, program ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Cilacap.

“Tiap tahun Cilacap selalu surplus beras di atas 300 ribu ton. Dengan SLI diharapkan produksinya naik jadi 400 ribu ton, bahkan lebih”, kata Bupati.

Dalam kegiatan ini peserta mendapat materi terkait teknik dan simulasi menerjemahkan istilah-istilah teknis dalam muatan informasi iklim ke dalam bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh petani. Juga pengenalan peralatan meteorologi sederhana dan kalender tanam.(dony/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: