logo
  • September 24, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pemerintah Targetkan Sertifikasi 126 Juta Bidang Tanah pada 2025

Pemerintah Targetkan Sertifikasi 126 Juta Bidang Tanah pada 2025

CILACAP – Pemerintah menargetkan 126 juta bidang tanah terdaftar pada tahun 2025. Untuk mendukung percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), diperlukan optimalisasi penggunaan teknologi terkini sejalan modernisasi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Hal tersebut disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil, melalui sambutan yang dibacakan Bupati Tatto S. Pamuji pada Upacara Hari Agraria Nasional ke 58 Tahun 2018 tingkat Kabupaten Cilacap, di halaman Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Senin (24/9/2018).

“Pembangunan infrastruktur adalah prasyarat untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional. Salah satu kegiatan penting terkait dengan pembangunan infrastruktur tersebut, adalah pengadaan tanah”, kata Bupati.

Dijelaskan Undang Undang dan peraturan yang ada teklah memungkinkan pengadaan tanah yang cepat dan pasti. Oleh karena itu dukungan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan instansi lainnya menentukan kesuksesan pengadaan tanah tersebut.

“Dalam rangka mengurangi ketimpangan struktur penguasaan pemilikan penggunaan tanah, pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah, dan penguatan hak masyarakat atas tanah hutan dan adat, pemerintah telah merencanakan mencanangkan pprogram reformasi agraria.

Berkenaan dengan permasalahan sengketa tanah, perlu penanganan secara komperehensif karena banyak kasus yang berlarut larur dan menyita waktu. Dengan terdaftarnya seluruh bidang tanah melalui PTSL, dapat mncegah terjadinya sengketa di kemudian hari.

“Penerapan layanan yang terintegrasi kedalam “Online Single Submission” sudah kita mulai untuk layanan izin lokasi, pertimbangan teknsi pertanahan, informasi rencana detail tata ruang  dan pengaturan zonasi. Kedepan kita berencana seluruh layanan terintegrasi secara elektronik”, tambahnya.

Pada kesmepatan ini, Bupati secara simbolis menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 6 orang staf ATR/BPN Kabupaten Cilacap. Didampingi Forkopimda, Sekretaris Daerah, dan Kepala Kantor ATR/BPN Cilacap, Bupati juga menyerahkan sertifikat tanah kepada perwakilan lembaga dan perusahaan di Kabupaten Cilacap.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Tatto S. Pamuji (tengah) didampingi Kepala Kantor ATR/BPN Cilacap Yuli Mardiono menyerahkan sertifikat tanah kepada perwakilan lembaga dan perusahaan di Kabupaten Cilacap.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: