logo
  • September 20, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Diskominfo Cilacap Gelar Rakor PPID dan Pengelola Website Perangkat Daerah

Diskominfo Cilacap Gelar Rakor PPID dan Pengelola Website Perangkat Daerah

CILACAP – Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap saat ini telah memiliki website. Namun pemanfaatan dan pengelolaannya belum optimal, bahkan sebagian besar diantaranya masih sangat pasif.

Hal itu dipaparkan dalam Rakor Pengelolaan PPID Website dan OPD di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap, Rabu (19/9/2018). Rakor dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M Wijaya, MM, diikuti PPID dan pengelola website seluruh OPD.

“Saat ini kami telah menyediakan portal web untuk seluruh OPD, hanya saja memang belum terkelola secara optimal karena berbagai sebab”, katanya.

Terkait peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sukaryanto menjelaskan, Pemerintah Pusat menilai PPID Cilacap dinilai masih kurang informatif, sehingga perlu perhatian khusus.

Ada banyak elemen dalam kelembagaan PPID yang perlu pembenahan, misalnya pemutakhiran konten website, aktivasi layanan aduan masyarakat melalui media sosial, dan kelengkapan layanan informasi. Pembenahan harus didukung seluruh OPD dan kecamatan.

“Sebab peran PPID pembantu di lingkup OPD dan kecamatan lebih dekat dengan pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat” jelasnya.

Sementara itu Kasi Pengelolaan Informasi dan Statistik, Irianto Budi Raharjo mengatakan, pengelolaan website OPD sudah cukup baik. Hanya saja kontinuitasnya masih kurang, sehingga banyak program dan kegiatan yang tidak tersampaikan.

Rakor yang diikuti seluruh perwakilan OPD ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa. Diharapkan peserta dapat mengaplikasikan wawasan yang diperoleh selama kegiatan berlangsung, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: