logo
  • Agustus 29, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tim BKKBN Tinjau Kampung KB di Cilacap

Tim BKKBN Tinjau Kampung KB di Cilacap

CILACAP – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berencana mengembangkan wilayah percontohan program Keluarga Berencana di tiap kabupaten/kota. Hal itu disampaikan perwakilan Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN, Ade Anwar dalam kunjungan kerjanya di Cilacap, Rabu (29/8/2018).

Rombongan diterima Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Ruang Prasanda, Rumah Dinas Bupati. Turut dalam rombongan tersebut Senior Technical Advisor Program Pilhanku dari John Hopkins University (JHU), Robert Ainslie, dan staf BKKBN.

“Ini bertujuan agar Kampung KB yang dibentuk di tiap desa dapat mengetahui manajemen Kampung KB yang baik, dan tidak harus studi banding keluar daerah”, kata Ade.

Di Kabupaten Cilacap, Kampung KB ‘Gadis’ di Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan ditunjuk sebagai Center of Excellence (pusat rujukan). Keberhasilan program KB di wilayah itu menjadi terbaik pertama di Kabupaten Cilacap, dan berhasil meraih peringkat III Provinsi Jawa Tengah.

“Kami berharap Kampung KB menjadi miniatur program kependudukan, KB, dan program pembangunan di daerah. Ini tidak hanya untuk program KKBPK, tetapi juga mendorong partisipasi lintas sektoral, mengingat tujuan program Kampung KB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tambahnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan, saat ini Kabupaten Cilacap memiliki 68 Kampung KB. Pembentukannya telah dimulai sejak 2016 dengan 4 Kampung KB melalui dukungan APBD Cilacap. Selanjutnya pada 2017 dibentuk 28 Kampung KB melalui DIPA BKKBN dan APBD Cilacap.

Sedangkan pada 2018, hingga Agustus Cilacap telah membentuk 36 Kampung KB, dengan 19 diantaranya merupakan Kampung KB Wilayah Stunting, dan 17 Kampung KB yang dibentuk melalui APBDes. Tahun ini, dukungan APBDes di seluruh Kabupaten Cilacap untuk program KKBPK mencapai Rp 2,43 miliar.

“Tujuannya agar program KB di Cilacap berkontribusi terhadap program Bangga Mbangun Desa. Program ini diharapkan menjadi akselerator bagi Cilacap menjadi kabupaten yang sejahtera secara merata”, kata Tatto.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji (tengah)menerima kunjungan perwakilan BKKBN.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: