Korpri Kabupaten Cilacap Salurkan Bantuan Air Bersih ke Desa Karangkemiri Jeruklegi

CILACAP – Korps Pegawai Negeri (Korpri) Kabupaten Cilacap menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa dusun di Desa Karangkemiri Kecamatan Jeruklegi, Senin (27/8/2018). Desa tersebut merupakan salah satu wilayah terdampak kekeringan terparah di Kabupaten Cilacap.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, MM selaku Ketua Korpri Kabupaten Cilacap kepada warga setempat. Hadir pula sejumlah pejabat Pemkab Cilacap, serta Forkopimcam Jeruklegi.

“Ini kepedulian Korpri kepada masyarakat yang kesulitan air bersih. Mudah mudahan ini dapat meringankan beban masyarakat”, kata Farid.

Desa Karangkemiri sendiri mendapat bantuan 6 tanki air dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter. Bantuan ini merupakan partisipasi dari seluruh OPD jajaran Pemkab Cilacap. Sejauh ini sudah terkumpul 83 tanki air bersih dan pendistribusiannya akan dilakukan secara merata ke wilayah yang membutuhkan.

Farid menambahkan, selain bantuan air pihaknya juga telah menyampaikan surat edaran kepada tiap OPD agar menyalurkan bantuan kepada warga Lombok yang terdampak bencana gempa bumi. Pengumpulan bantuan dilakukan hingga 21 September 2018.

“Berapapun hasilnya, nanti kami laporkan kepada Bupati. Kemudian diserahkan kepada PMI Cilacap untuk disalurkan bagi saudara-saudara kita di Lombok”, tambahnya.

Kepala Desa Karangkemiri, Jeruklegi, Kuswadi menjelaskan, di wilayahnya ada sekitar 700 KK dengan 1.200 jiwa yang terdampak krisis air bersih. Untuk mendapatkan air, warga harus mencari mata air di tepi hutan yang berjarak sekitar 6 kilometer.

“Sebenarnya kami ada program Pamsimas. Tapi baru bisa mencukupi kebutuhan 75 KK sehingga belum memadai”, jelasnya.

Sementara itu Ketua RT 02 RW 04 Desa Karangkemiri, Warsono menyambut baik bantuan ini. Sebab selama kesulitan air, banyak warga yang harus membeli air bersih untuk kebutuhan MCK. Pihaknya berharap, bantuan ini dapat dikirimkan secara berkala selama kemarau berlangsung.(dony/kominfo)

Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf selaku Ketua Korpri Kabupaten Cilacap secara simbolis menyerahkan bantuan air bersih kepada warga Desa Karangkemiri, Jeruklegi.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: