logo
  • Agustus 23, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada PMI Cilacap Bentuk 3 Sekolah Siaga Bencana

PMI Cilacap Bentuk 3 Sekolah Siaga Bencana

CILACAP – Guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga sekolah terhadap budaya kesiapsiagaan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap menjalin kerjasama dengan sejumlah sekolah untuk pembentukan Sekolah Siaga Bencana (SSB).

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Bambang Toejiono bersama Kepala SD Negeri 09 Cilacap, Kepala SMP Advent Cilacap, dan Kepala SMK dr. Soetomo Cilacap di Aula Markas PMI Cilacap, Jl. Urip Sumoharjo, Selasa (21/8/2018).

Menurut Bambang, potensi bencana di Kabupaten Cilacap sangat tinggi. Sehingga upaya pengurangan risiko perlu dilakukan berkesinambungan, termasuk di lingkungan sekolah. Hingga kini PMI Cilacap telah memfasilitasi berdirinya 15 SSB dengan dukungan German Red Cross.

Sedangkan American Red Cross juga turut berpartisipasi dalam pembentukan 3 SSB yang selesai pada 2017 lalu. Di tahun 2018, PMI Cilacap akan membentuk 3 SSB dengan dana mandiri. Bambang berharap, sinergitas ini bermanfaat untuk menekan risiko bencana, terutama sekolah yang berada di pesisir.

Upaya ini mendapat apresiasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Martono berharap, pembentukan SSB akan meningkatkan kapasitas masyarakat, khususnya warga sekolah sehingga menurunkan risiko kerugian bencana.(dony/kominfo)

Foto : Istimewa


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: