logo
  • Agustus 23, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Diskominfo Data Ulang Seluruh Menara Telekomunikasi

Diskominfo Data Ulang Seluruh Menara Telekomunikasi

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap kini tengah mendata ulang seluruh menara telekomunikasi yang ada di wilayahnya. Pendataan ini diperlukan agar Pemkab Cilacap tidak kecolongan dengan adanya menara yang tidak memiliki rekomendasi dan IMB.

Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya,M.M melalui Kepala Seksi Pengembangan Infrastruktur, Rahman, S.H menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menginventarisasi seluruh menara telekomunikasi. Menara yang telah berizin akan dipasangi papan tanda pengenal.

“Dengan menarik retribusi menara, kita memiliki kewajiban memberi pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan memberikan papan nama pada tiap menara”, kata Rahman, Selasa (23/8/2018).

Di Kabupaten Cilacap, saat ini ada 367 menara telekomunikasi. Dari jumlah tersebut, 95 % diantaranya telah memiliki izin, dan sisanya tengah menyelesaikan proses perizinan. Inventarisasi dilakukan agar perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini lebih optimal.

“Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk mengetahui secara pasti titik koordinat menara, apakah sesuai zonasi atau tidak, termasuk kelengkapan dokumennya”, tambahnya.

Selain monitoring dan evaluasi di lapangan, Diskominfo Cilacap kini terus menyempurnakan Aplikasi Simdaratel. Tidak hanya berfungsi memantau keberadaan menara, pengusaha yang ingin membangun menara baru juga dapat memanfaatkan aplikasi tersebut. (baca : Diskominfo Cilacap Kembangkan Aplikasi Simdaratel)

Saat ini, keberadaan menara telekomunikasi di Cilacap diatur dalam Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penataan Menara Telekomunikasi dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Berdasarkan perda tersebut, tarif retribusi ditetapkan sebesar Rp 2.437.000. Namun struktur dan besaran tarif retribusi untuk tiap menara ditetapkan dengan formulasi khusus, berdasarkan indeks lokasi dan indeks ketinggian menara.(dony/kominfo)

Foto : Petugas Diskominfo Cilacap memasang papan nama menara telekomunikasi yang telah teregistrasi.

 


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: