logo
  • Agustus 7, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tiga Kloter Jamaah Calon Haji Cilacap Siap ke Tanah Suci

Tiga Kloter Jamaah Calon Haji Cilacap Siap ke Tanah Suci

CILACAP – 894 jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Cilacap akan diberangkatkan mulai Senin, 13 Agustus 2018. Jumlah tersebut dibagi dalam tiga kloter yakni Kloter 93 sebanyak 334 orang, Kloter 94 sebanyak 353 orang, dan Kloter 95 sebanyak 217 orang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Cilacap, Sadmoko Danardono selaku Ketua Panitia Pelepasan Jamaah Calhaj Cilacap tahun 2018 menjelaskan, Kloter 93 berangkat menuju Asrama Haji Donohudan Solo pada hari Senin, 13 Agustus 2018 pukul 22.00 WIB.

Selanjutnya Kloter 94 dan 95 berangkat pada hari Selasa, 14 Agustus 2018. Kloter 94 diberangkatkan pukul 00.00 WIB, sedangkan Kloter 95 diberangkatkan pukul 05.00 WIB. Kemudian tiga kloter tersebut dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 15 Agustus 2018.

“Semua jamaah haji Cilacap dijadwalkan kembali ke Indonesia tanggal 26 September 2018”, kata Sadmoko saat menyampaikan laporannya dalam Pelepasan Jamaah Calhaj Kabupaten Cilacap tahun 2018, di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Selasa (7/8/2018).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap, Supriyanto selaku perwakilan calhaj Cilacap, pada kesempatan ini meminta doa restu kepada Bupati dan segenap pimpinan daerah. Sehingga langkah jamaah calhaj Cilacap sebagai tamu Allah dimudahkan, dan kembali menjadi haji mabrur.

Sementara itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menghimbau jamaah calon haji (calhaj) agar memahami hakikat pelaksanaan ibadah haji secara total, bukan sekedar aktivitas fisik semata. Tatto juga berpesan agar jamaah asal Cilacap mampu bertindak sebagai duta bangsa dan duta daerah.

“Oleh karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan. Hormati tradisi suku atau bangsa lain. Jamaah juga saya himbau menjaga kesehatan, karena kondisi alam TanaH Suci berbeda dengan tanah air kita”, tambahnya.

Acara pelepasan calhaj Cilacap dihadiri Wakil Bupati Syamsul Aula Rachman, Sekda Farid Maruf, Forkopimda, pejabat Setda Cilacap, serta sejumlah undangan. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs. H. Tafsir, M.Ag yang hadir dalam kesempatan ini juga menyampaikan tausiyahnya.

Tafsir berpesan agar jamaah melepaskan segala beban hati saat melaksanakan ibadah haji. Sehingga dapat meresapi setiap tahapan dengan khidmat dan khusyuk. Berbagai persiapan dan manasik yang diikuti selama ini, setidaknya memberi gambaran bagi jamaah terkait pelaksanaan haji di Tanah Suci.(dony/kominfo)

Foto : Kabupaten Cilacap tahun ini memberangkatkan 894 jamaah calon haji.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: