Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Gelar Sosialisasi Renstra

CILACAP – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap bersama seluruh unit kerja di jajarannya menggelar Sosialisasi Perencanaan Strategis (Renstra), Selasa (31/7/2018). Kegiatan ini merupakan dukungan untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap 2017 – 2022.

Renstra dibuka Wakil Bupati Cilacap, dihadiri para kepala dan perwakilan Puskesmas dari seluruh unit kerja Dinas Kesehatan Cilacap. Pada kesempatan ini, Syamsul berpesan agar tiap unit kerja terus berinovasi demi mewujudkan pelayanan prima terhadap masyarakat.

“Renstra merupakan implementasi dari RPJMD yang dicanangkan pemerintah daerah. Jadi tiap unit kerja juga harus membuat renstra yang berkaitan dengan dinas induk”, kata Syamsul.

Dijelaskan, bidang kesehatan merupakan salah satu aspek utama dalam empat pilar Bangga Mbangun Desa. Menurut Syamsul, dalam hal ini pihaknya akan mengoptimalkan peran dalam sisi manajerial agar program yang disusun OPD teknis selaras dengan program BMD.

“Bahkan Pemkab berkomitmen di Cilacap tidak ada orang sakit yang tak terobati. Tapi kenyataannya, masih ada orang yang mengeluh tidak punya biaya untuk mendapat layanan kesehatan”, tambahnya.

Sementara itu Syamsul meminta segenap jajaran Dinas Kesehatan Cilacap untuk mencontoh dan meniru keberhasilan program dari daerah lain. Inovasi, menurutnya tidak hanya menemukan sesuatu yang baru. Tetapi lebih kmenekankan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Marwoto mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan akreditasi bagi 17 puskesmas. Selain itu, pada 2019 diharapkan seluruh Puskesmas di Kabupaten Cilacap menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

“Tujuannya agar puskesmas lebih mandiri dalam mengelola kebutuhannya. 21 Puskesmas sudah terakreditasi, tahun ini kita targetkan sisanya terakreditasi sebelum menjadi BLUD”, ujarnya.(dony/kominfo)

Foto : Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman membuka Sosialisasi Renstra jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: