Sambangi Desa Karangsari, Wabup Cor Jalan Desa dan Tanam Kedelai Bersama Warga

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman mengapresiasi sinergitas warga Desa Karangsari Adipala, dalam mensukseskan program pemerintah khususnya upaya khusus padi jagung dan kedelai (Pajale). Sebab pertanian merupakan salah satu aspek dalam program Bangga Mbangun Desa.

Hal tersebut disampaikan Syamsul saat menyapa masyarakat dalam kegiatan pengecoran jalan desa dan tanam kedelai bersama, Minggu (29/7/2018). Syamsul mendorong agar kelompok tani terus bersinergi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam mengembangkan pertanian.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa yang telah mengalokasikan anggaran desa untuk bidang pertanian, sehingga makin maju”, kata Syamsul.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto menjelaskan, Upsus Pajale merupakan program pemerintah pusat dalam mendukung ketahanan pangan. Kabupaten Cilacap sendiri mendapat bantuan bibit kedelai untuk 20.000 hektar lahan tanam, di mana 1.300 hektar diantaranya merupakan alokasi untuk Adipala.

“Bantuan tidak hanya berupa bibit, tetapi juga obat-obatan. Oleh karena itu mari kita manfaatkan musim kemarau ini untuk bertanam kedelai”, kata Supriyanto.

Kepala Desa Karangsari Kecamatan Adipala, Nasukin dalam sambutanya mengapresiasi pelaksanaan program Gerakan Tanam Kedelai di desanya. Untuk mendukung sektor pertanian, saat ini pemerintah desa tengah mengajukan permohonan mesin penyedot air untuk memenuhi kebutuhan petani.

“Sedangkan di bidang pembangunan, sudah ada dua program yang dilaksanakan yakni pengaspalan dan penerangan jalan, dan akan dilanjutkan program selanjutnya untuk kemajuan Desa Karangsari”, ujarnya.

Acara ini dihadiri Camat Adipala Teguh Prastowo beserta unsur pimpinan Forkopimcam, tokoh masyarakat, anggota Kelompok Tani Ngudi Rejeki, serta masyarakat di lingkungan sekitarnya. Selain menanam kedelai, Wabup bersama masyarakat juga mengecor Jl. Agenan yang merupakan jalan desa secara swadaya.(dony/kominfo)

Foto : Wabup Syamsul Aulia Rachman (berdiri, kedua dari kiri) saat pengecoran jalan desa swadaya di Desa Karangsari Adipala, Minggu (29/7/2018)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: