logo
  • Juli 27, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Koperasi Diminta Ikuti Perkembangan Zaman

Koperasi Diminta Ikuti Perkembangan Zaman

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman menghimbau pengurus dan anggota koperasi agar mampu menangkap peluang usaha seiring perkembangan zaman. Hal tersebut disampaikan saat resepsi Peringatan Hari Koperasi ke – 71 Tingkat Kabupaten Cilacap, di Pendopo Wijayakusuma, Kamis (26/7/2018).

“Jadilah koperasi jaman now, yakni koperasi yang mampu menangkap peluang usaha dan tidak terpaku pada model yang sudah ada seperti simpan pinjam dan sebagainya”, kata Syamsul.

Ketika dapat menangkap peluang usaha, maka koperasi memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Selain itu, komitmen anggota dalam bersinergi dan mengembangkan koperasi sangat diperlukan. Syamsul menilai, sejauh ini gerakan koperasi masih berjalan secara konvesional, dan hanya aktif saat awal pendirian.

“Berbeda dengan perbankan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, koperasi masih berjalan konvesional sehingga sulit berkembang”, ujarnya.

Resepsi Hari Koperasi ke – 71 tingkat Kabupaten Cilacap ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi RI. Selanjutnya Wabup melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Cilacap, Jumadi.

Ketua Dekopinda Cilacap, Jumadi menyampaikan, dari 500 unit koperasi yang terdaftar, saat ini jumlahnya tersisa sekitar 335 unit. Namun dari jumlah tersebut, tidak semua koperasi layak beroperasi, dan hanya 88 unit yang rutin menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan.

“SesuaI Undang Undang Nomor 25 Tahun 1992 semestinya seluruh koperasi harus menjadi anggota Dekopinda. Namun kenyataannya banyak koperasi yang tidak layak beroperasi”, jelasnya.(dony/kominfo)

Foto : Wakil Bupati Syamsul Aula Rachman menyerahkan Piagam Bakti Koperasi kepada Sutaji (dok. Humas Setda Cilacap)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: