57 Kontingen Ikuti Jumbara Kabupaten Cilacap 2018

CILACAP – Sebanyak 798 anggota PMR Madya dan Wira mengikuti kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja Kabupaten Cilacap Tahun 2018. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Krida Nusantara Kecamatan Cilacap Utara ini dibuka Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, Jumat (27/7/2018).

Jumbara PMR dilaksanakan selama empat hari hingga Senin (30/7/2018). Peserta terbagi dalam 57 kontingen dari perwakilan PMI kecamatan maupun unit PMR seluruh Kabupaten Cilacap. Rinciannya untuk PMI Madya sebanyak 23 kontingen, yang tiap regu terdiri dari 1 pimpinan kontingen, 1 pembina, dan 12 anggota PMR.

Sedangkan PMI Wira sebanyak 34 kontingen, di mana tiap regu terdiri dari 1 pimpinan kontingen, 1 pembina, dan 12 anggota PMR. Pembukaan Jumbara dihadiri para pengurus PMI Kabupaten Cilacap, camat, dan perwakilan OPD jajaran Pemkab Cilacap.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk pengembangan dan pembinaan anggota PMR. Jumbara diharapkan mempererat silaturahmi antar anggota PMR di Kabupaten Cilacap.

“Disamping itu juga diharapkan terjadi pertukaran informasi, ilmu pengetahuan, dan keterampilan di antara peserta dalam hal kepalangmerahan”, kata Syamsul.

Pada pelaksanannya, tiap peserta akan diuji kemampuannya dalam bidang kepalangmerahan. Seperti P3K, perawatan keluarga, pendidikan remaja sebaya, poster, bongkar pasang tenda, dan sebagainya. Syamsul menghimbau, seluruh kegiatan dijalani dalam suasana riang gembira, sesuai tujuan pelaksanaan Jumbara.

Ketua Panitia Jumbara Kabupaten Cilacap Tahun 2018, Sumaryo melaporkan, kegiatan Jumbara dibagi dalam beberapa sesi. Yakni Jumpa, dengan kegiatan antara lain manajemen PMR, anjangsana dan tukar hasil karya, sarasehan pembina, workshop inklusi disabilitas, serta duta PMR.

Sedangkan kegiatan Bakti antara lain baksos, go clean, youth station, aksi cepat tepat, jurnalistik remaja, kewirausahaan sosial. Selanjutnya kegiatan Gembira antara lain kreasi remaja, outbond dan olahraga persahabatan. Kegiatan ini juga melbatkan 44 evaluator dari kalangan profesional yakni jurnalis dan seniman, PMI Kabupaten Cilacap dan tetangga.(dony/kominfo)

Foto : Wakil Bupati Syamsul Aula Rachman (kanan) bersama Pengurus PMI Kabupaten Cilacap menekan sirine pembukaan kegiatan Jumbara Kabupaten Cilacap 2018.

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: