logo
  • Juli 25, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pemkab Cilacap Diminta Optimalkan PAD

Pemkab Cilacap Diminta Optimalkan PAD

CILACAP ā€“ Pemkab Cilacap menyetujui usulan DPRD Cilacap atas penggunaan sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) APBD Kabupaten Cilacap TA 2017 untuk pemenuhan kebutuhan bersifat mendesak. Misalnya pembangunan infrastruktur, yang berdampak terhadap pengentasan kemiskinan, dan pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aula Rachman saat membacakan tanggapan Bupati Cilacap atas pandangan fraksi, dalam Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Berita Acara Persetujuan Bersama Bupati Cilacap dengan DPRD tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2017.

Di sisi lain, untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah, beberapa catatan dan rekomendasi BPK RI akan menjadi perhatian khusus bagi Pemkab Cilacap. Sebagai tindak lanjut, Bupati telah menginstruksikan OPD terkait untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Terkait peningkatan pendapatan asli daerah, Pemkab Cilacap terus mengoptimalkan potensi yang ada, baik dengan intensifikasi maupun ekstensifikasi. Mulai dari sektor pajak, retribusi, usaha jasa pertanian, pariwisata, serta pendayagunaan BUMD. Kedepan melalui OPD terkait akan terus diupayakan langkah langkah strategis guna mengoptimalkan PAD.

Berdasarkan laporan Badan Anggaran DPRD Cilacap, realisasi pendapatan Pemerintah Kabupaten Cilacap TA 2017 sebesar Rp 3,067 triliun, dengan belanja Rp 3,014 triliun. Dari laporan tersebut terdapat surplus senilai Rp 53,164 miliar. Sedangkan pada sektor pembiayaan, penerimaan pembiayaan Rp 200,401 miliat, pengeluaran pembiayaan Rp 32,091 miliar, dan pembiayaan netto Rp 168,310 miliar.

Meski demikian masih terdapat SILPA senilai Rp 221,474 miliar yang menjadi sorotan sejumlah fraksi DPRD Cilacap. Oleh karenanya, Pemkab Cilacap diminta untuk mengalokasikan kembali SILPA tersebut dalam anggaran perubahan, untuk pembiayaan pos pos khusus berdasarkan skala prioritas.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: