logo
  • Juli 24, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada RSUD Cilacap Gelar Sosialisasi Penanggulangan Gratifikasi dan Pungli

RSUD Cilacap Gelar Sosialisasi Penanggulangan Gratifikasi dan Pungli

CILACAP – Sebanyak 104 civitas RSUD Cilacap mengikuti Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Kegiatan yang diselenggarakan di ruang Eidelweiss Hotel Dafam Cilacap, Senin (24/7/2018) ini dibuka Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman.

Para peserta merupakan para pejabat struktural, kepala instalasi, kepala ruangan, serta ketua dan pengurus komite medis. Hadir pula ketua dan pengurus komite keperawatan, pejabat pengadaan barang dan jasa, serta bendahara keuangan.

Dalam sambutanya, Syamsul mengatakan bahwa untuk mendukung Saber Pungli dan menekan gratifikasi, jajaran manajemen dan staf RSUD harus mematuhi standar operasional prosedur (SOP). Selain itu perlu adanya kesadaran akan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat.

“Kita sudah membuat maklumat pelayanan. Mari kita laksanakan karena ada pengawas jauh lebih cermat dan ada yang harus kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt”, kata Syamsul.

Diungkapkan, upaya menegakkan aturan seringkali menemui kendala. Meski demikian Syamsul meyakinkan bahwa setiap perbuatan baik akan mendapat perlindungan dari Allah Swt. Untuk itu,  penanggulangan gratifikasi dan pungli harus diawali dari diri sendiri dengan memberikan teladan bagi lingkungan sekitarnya.

“Jangan takut dibilang sok suci, dibilang kaku, atau tidak mau mengikuti sistem budaya yang ada. Kita berikan contoh dulu dan mengajak teman teman di sekitar kita untuk berbuat benar sesuai aturan”, tambahnya.

Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi dalam laporannya menyebutkan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut atas pencanangan RSUD Cilacap sebagai salah satu unit kerja berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Bebas Birokrasi Melayani (WBK/WBBM) di lingkungan Pemkab Cilacap.

“Dalam kegiatan ini, para peserta akan mendapat materi dari dua narasumber. Masing masing dari Inspektorat Provinsi Jawa Tengah dan Polres Cilacap”, jelasnya.(dony/kominfo)

Foto : Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman menekankan pentingnya integritas pelayanan untuk menekan gratifikasi dan pungli.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: