logo
  • Juli 23, 2018
  • Berita, Pemerintahan
  • Komentar Dinonaktifkan pada 311 Pengelola Keuangan OPD Ikuti Bimtek SPIP

311 Pengelola Keuangan OPD Ikuti Bimtek SPIP

CILACAP – Sebanyak 311 pengelola keuangan OPD jajaran Pemkab Cilacap mengikuti Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Semester I Tahun Anggaran 2018, Senin (23/7/2018). Mereka merupakan pejabat penatausahaan keuangan, bendahara pengeluaran, serta petugas operasional SIMDA Keuangan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Jalabhumi komplek Setda Cilacap, dibuka Sekda Cilacap Farid Maruf. Bimtek akan dilaksanakan selama tiga hari, dengan materi pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan kepatuhan ketentuan perundang undangan dari Inspektorat Cilacap.

Selain konsultasi, diskusi, dan tanya jawab, peserta juga diberi kesempatan praktik mengentry saldo awal tahun 2018 melalui aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.7.0.12 untuk pada masing-masing OPD, dan evaluasi pelaksanaan entry data oleh SKPD pada Simda Keuangan sampai dengan Semester I.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, MM mengapresiasi kerjasama seluruh pihak yang telah membantu Pemkab Cilacap meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Dengan diraihnya WTP, kita senantiasa dituntut dapat mempertanggungjawabkan dan mempertahankannya. Semoga kedepan kita dapat mempertahankan opini WTP atas Laporan Keuangan Daerah”, kata Farid.

Para pengelola keuangan tiap OPD, lanjut Farid, diminta meningkatkan kecermatan, ketelitian, dan ketepatan waktu penyelesaian laporan keuangan yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan demikian laporan keuangan yang dihasilkan lebih akuntabel dan memadai.

Perwakilan BPKP RI KPw Daerah Istimewa Yogyakarta, Arif Wibowo mengatakan, Pemkab Cilacap harus bersungguh sungguh dalam memperbaiki dan menerapkan SPIP. Upaya ini dapat diawali dengan meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) melalui peran Inspektorat.

“WTP merupakan hasil dari akuntabilitas keuangan dan kinerja oleh operator SIMDA dan pengelola keuangan daerah untuk mewujudkan Good Government dan Clean Governance”, tegasnya.(dony/kominfo)

Foto : dok. Humas Setda Cilacap


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: