logo
  • Juli 19, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada KNPI Cilacap Imbau Pemuda Tidak Termakan Hoax

KNPI Cilacap Imbau Pemuda Tidak Termakan Hoax

CILACAP – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cilacap Tietha Ernawati Suwarto menekankan agar generasi muda tak segan bertabayyun, agar terhindar dari dampak negatif berita bohong atau hoax. Hal ini perlu ditegaskan, mengingat pemuda merupakan generasi penerus bangsa di masa mendatang.

“Karena sekarang dengan mudahnya siapapun dapat menyebarkan berita – berita yang kita pun belum tahu kebenarannya. Jadi sebaiknya diklarifikasi dulu atau dikonfirmasi kepada pihak terkait”, kata Tietha.

Disadari, pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital membuat siapapun dapat menyampaikan informasi dengan mudah. Hal ini kadang tidak diimbangi dengan konfirmasi dari pihak yang terkait, sehingga menimbulkan kerancuan atas validitas informasi tersebut.

Saat ini KNPI Kabupaten Cilacap tengah merumuskan sejumlah program sosialisasi anti hoax. Salah satunya seminar bertema menangkal hoax, dengan tujuan agar generasi Z yang lekat dengan gawai dan teknologi digital mengutamakan tabayyun dalam berbagi informasi.

Tietha menambahkan, kemajuan suatu daerah ditentukan dari kondisi pemuda sebagai estafet penerus generasi bangsa. Menyikapi kondisi kekinian yang terjadi di Indonesia, KNPI Kabupaten Cilacap menyatakan dan mengajak pemuda untuk menangkal hoax.

Upaya yang dapat dilakukan yakni tidak ikut ikutan menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya. Tidak menyebarkan berita dengan isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta keutuhan NKRI, serta menggunakan media sosial dengan bijak.(dony/kominfo)

Foto : Ketua KNPI Kabupaten Cilacap Tietha Ernawati Suwarto tekankan pentingnya tabayyun dalam menerima dan menyampaikan informasi.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: