logo
  • Juli 12, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cegah Abrasi, BPBD Pasang Bronjong Sabut Kelapa di Pantai Tegalkamulyan

Cegah Abrasi, BPBD Pasang Bronjong Sabut Kelapa di Pantai Tegalkamulyan

CILACAP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan dunia usaha di Kabupaten Cilacap, memasang bronjong dari sabut kelapa di Pantai Tegalkamulyan Cilacap, Rabu (11/7/2018). Upaya ini dilakukan untuk menanggulangi abrasi di kawasan tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto menjelaskan, penanganan dilakukan karena dinilai lebih ramah lingkungan karena menggunakan material dari sabut kelapa. Pelaksanaannya dilakukan dengan melibatkan masyarakat secara aktif dan terpadu.

“Setiap tahun hampir dapat dipastikan wilayah Kelurahan Tegalkamulyan dilanda banjir rob. Sebab tanggul pantai di kawasan ini sudah rusak karena abrasi”, kata Tri Komara.

Dijelaskan, gagasan pemasangan bronjong sabut kelapa pertama kali dicetuskan oleh staf BPBD Cilacap, Supriyadi, yang berawal dari ide pemasangan bronjong serupa untuk menahan tanah longsor di dataran tinggi. Selain itu sabut kelapa memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap iklim di Indonesia.

“Dengan demikian kami berharap peristiwa seperti tahun 2016 tidak terulang kembali, di mana banjir rob mengakibatkan kerugian hingga Rp 40 miliar”, tambahnya.

Pemasangan bronjong mendapat dukungan anggaran corporate social responsibility (CSR) perusahaan, yang difokuskan di sekitar Pantai Teluk Penyu dan sekitarnya. Sejumlah perusahaan yang turut berpartisipasi antara lain PT. Pertamina (Persero), PT. S2P, PT. Toxindo, PT. Juifa, PT. Adi Jaya Teknik, dan beberapa perusahaan lain.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: