logo
  • Juli 4, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Dishub Cilacap Akan Terapkan Smart KIR

Dishub Cilacap Akan Terapkan Smart KIR

CILACAP – Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap berencana menerapkan “Smart KIR Bang Bade”, sistem pengujian kendaraan bermotor berbasis elektronik. Sosialisasi layanan ini diselenggarakan di ruang rapat Dishub Cilacap, dihadiri pengurus dan perwakilan Organisasi Gabungan Angkatan Darat (Organda), perusahaan, dan pengusaha angkutan di Cilacap.

Kepala Dishub Cilacap, Tulus Wibowo didampingi Kasi Sarana, Wiwit Agung Pamuji menjelaskan, sistem ini mulai diuji sejak Mei 2018 lalu. Kelebihan yang ditawarkan yakni 4 D (datang, daftar, duduk, diantar), aplikasi online dan terintegrasi, layanan pengaduan “LAPOR”, dan SMS gateway. Dengan keunggulan tersebut, sistem ini sangat efektif untuk mempermudah pengawasan kendaraan angkutan.

“Pengintegrasian sistem alat uji secara elektronik memungkinkan akses secara real time. Standar hasil uji ditentukan oleh perangkat, sehingga meminimalisir risiko kecurangan dari petugas atau pemohon yang tidak lulus uji”, kata Tulus.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini terintegrasi dengan sistem stakeholder terkait, dalam hal ini Bank. Stakeholder terkait juga dapat mengakses jumlah kendaraan wajib uji dan jumlah nominal biaya retribusi yang harus dibayar, sehingga mempercepat proses pelaporan. Masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran secara online secara mudah dan cepat, dengan kepastian waktu dan biaya.

Tulus menjelaskan, pengembangan Smart KIR Bang Bade dilatarbelakangi atas harapan masyarakat yang menghendaki layanan berbasis transparansi, akuntabilitas, serta akses yang mudah dan informatif. Sebelumnya, uji KIR kendaraan bermotor di Cilacap dilakukan secara manual. Selain di Kantor Dishub Cilacap, layanan uji KIR juga dibuka di Terminal Majenang dengan jumlah kendaraan mencapai puluhan unit.(dony/kominfo)

Foto : Kepala Dishub Cilacap, Tulus Wibowo mensosialisasikan rencana penerapan Smart KIR Bang Bade


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: